Pembukaan MTQ XXVIII Pontianak Berlangsung Sukses

Cetak Generasi Qurani Berprestasi

PEMBUKAAN Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVIII Tingkat Kota Pontianak, Sabtu (15/2) malam, sukses digelar di Taman Alun kapuas. Sebelum acara pembukaan, dimulai defile kafilah enam kecamatan.

Memasuki arena, devile kafilah dipandu drum band MAN 1 Pontianak. Dimulai kafilah Pontianak Utara disusul kafilah dari Pontianak Timur. Dilanjutkan Pontianak Selatan dan diikuti Pontianak Tenggara. Kemudian Pontianak Kota dan Pontianak Barat. Masyarakat Pontianak ramai menyaksikan kegiatan yang dipusatkan di Taman Alun Kapuas ini.

Kegiatan ini dirangkai dengan pelantikan Pengurus LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) Kota Pontianak Periode 2020-2024. Mulyadi kembali memimpimpin LPTQ Pontianak sebagai Ketua Umum. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat melantik pengurus LPTQ Pontianak Periode 2020-2024 mengharapkan pengembangan tilawatil quran di bawah naungan LPTQ Pontianak semakin maju. Mampu mencetak generasi qurani yang berprestasi.

Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Dewan Hakim, Dewan Pengawas dan Panitera oleh Wali Kota Pontianak, Edi. Edi berpesan agar petugas dalam menjalankan tugasnya dengan penuh tenggung jawab pada pelaksanaan MTQ XXVIII Pontianak yang digelar pada 15 – 20 Februari 2020.

Berbeda dari tahun sebelumnya, pelaksanaan lomba tahun ini menggunakan empat lokasi. Sebagian lokasi lomba menggunakan tempat Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat nasional 2019 lalu. Diantaranya mimbar baca Al Quran di Taman Alun Kapuas, Aula Rohana Mutalib Kantor Bapedda, Aula Sultan Syarif Abdurahman dan Masjid Al Kalifah di lingkungan Kantor Wali Kota Pontianak.

 

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat Setda Kota Pontianak Yaya Maulidia dalam laporan panitia mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin untuk menyeleksi qori-qoriah terbaik Pontianak untuk diikutsertakan dalam tingkat provinsi.

Sebelumnya, para peserta sudah mengikuti seleksi di tingkat kecamatan. Ada 22 cabang dan 253 peserta yang terlibat dalam kegiatan ini. Dalam kegiatan tersebut juga menempatkan stan pameran tentang keagamaan. Tak ketinggalan pernak-pernik dan makanan minuman khas Pontianak dapat ditemukan di sana. Hiburan juga ditampilkan. Tentunya bernuansa Islami.

Wali Kota Pontianak mengajak masyarakat untuk menyaksikan kegiatan ini. Adanya pelaksanaan MTQ diharap masyarakat Pontianak semakin cinta dengan gemar dengan baca tulis Al Quran.“Saya mengajak masyarakat untuk datang beramai-ramai dikegiatan MTQ ini. Dengan menyaksikan dan mendengar lantunan ayat suci Al Quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ajaknya. (mrd)

loading...