Pemerintah Daerah Musti Siapkan Kondisi Normal Baru

Arif Joni Prasetyo (Belakang)

PONTIANAK – Kalimantan Barat harus bersiap menjalani kehidupan yang baru karena tidak ada kepastian pandemi covid-19 akan berakhir. Pemerintah daerah diharapkan dapat segera mempersiapkan berbagai skenario agar bisa ‘hidup berdampingan’ dengan virus corona.

Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Arif Joni Prasetyo, menilai adanya pandemi global Covid-19, telah memunculkan tatanan dunia baru. Karena itu, kata dia, mau tidak mau dunia akan memasuki fase yang disebut kondisi normal baru atau new normal, yang mana protokol kesehatan menjadi Standar operasional Prosedur (SOP) setiap kegiatan.

“Yang tentu saja tata cara dan pola sosialisasi tidak akan kembali ke fase atau situasi sebelum Covid-19,” ungkap dia, kemarin.

Dijelaskan dia, new normal merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19 atau penyakit menular lainnya. Prinsip utamanya, adalah dapat menyesuaikan dengan pola hidup.

“Oleh karena itu saya berharap pemerintah segera sosialisasi tentang fase New Normal kepada masyarakat. Karena kita harus beradaptasi dengan beraktifitas, dan bekerja,” kata dia.

Kendatipun covid-19 ini sudah mereda, lanjut dia, tidak menutup kemungkinan wabah ini muncul kembali, apalagi jika tidak mengikuti pola hidup sehat serta urung mengikuti protokol kesehatan. Karena itu dia menilai, sosialisasi fase new normal penting dilakukan, termasuk penerapannya nanti di tempat pelayanan publik, dan pemerintahan.

“Setiap kantor terlebih pelayanan publik  baik pemerintah maupun swasta diwajibkan menggunakan protokol kesehatan,” pungkas dia. (sti)

Read Previous

Mari Sambut Idul Fitri dengan Saling Berbagi kebahagian

Read Next

Indonesia Bangkit: Belajar Bagaimana Hidup Bersama dengan yang Lain



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *