Pemerintah Jamin Beasiswa Bagi Putra-putri Prajurit Nanggala-402 yang Gugur

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memberikan beasiswa penuh bagi seluruh putra-putri awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang gugur karena tenggelam di perairan Bali.

“Betul, Menteri Prabowo Subianto menyampaikan akan memberikan beasiswa penuh, mulai dari SD sampai dengan universitas kepada putra putri prajurit Nanggala 402 yang gugur,” kata Juru Bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak melalui tayangan video yang diterima, di Jakarta, Senin.

Menurut Dahnil, keinginan Prabowo itu disampaikan saat menyambangi keluarga awak KRI Nanggala di Surabaya. Prabowo pun menyampaikan belasungkawa terhadap 53 awak KRI Nanggala yang gugur saat mengikuti latihan.

“Menhan Prabowo mengunjungi keluarga para prajurit Hiu Kencana KRI Nanggala-402 di Surabaya. Kepada keluarga, Pak Prabowo menyampaikan belasungkawa yang sangat mendalam,” ujarnya.

Prabowo pun berharap dengan beasiswa tersebut anak-anak prajurit Nanggala 402 bisa meneruskan cita-citanya ayahnya sebagai pengabdian terhadap orangtuanya yang gugur.

“Pak Prabowo mendukung sepenuhnya putra putri para kusuma bangsa, kita berharap mereka bisa melanjutkan pengabdian cita-cita orangtua mereka,” kata Dahnil.

Presiden RI Joko Widodo, di Jakarta, Senin, memberi penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi serta Bintang Jasa Jalasena kepada 53 prajurit TNI Angkatan Laut yang gugur saat mengemban tugas di KRI Nanggala-402.

Jokowi mengatakan Pemerintah juga menjamin pendidikan putra-putri keluarga prajurit KRI Nanggala-402 akan terus berlanjut sampai jenjang pendidikan strata-1 (S-1).

Pemberian penghargaan kenaikan pangkat diumumkan oleh Presiden satu hari setelah Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto pada hari kelima pencarian, Minggu (25/4), mengumumkan 53 prajurit yang berada dalam kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur.

Panglima TNI menyampaikan kabar duka itu, setelah tim pencari menemukan sejumlah bukti otentik yang menunjukkan KRI Nanggala-402 karam pada kedalaman 838 meter dan badan kapal terbelah jadi tiga bagian.

“Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur. Oleh karena itu, dengan kesedihan yang mendalam selaku Panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personel yang on board KRI Nanggala-402 telah gugur,” kata Panglima TNI saat jumpa pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali, Minggu. (ant)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!