Pemkab Berikan Penghargaan Atlet Berprestasi

PENGHARGAAN: Dea Destia Renata mendapat penghargaan sekaligus hadiah dari Pemkab Bengkayang setelah menorehkan prestasi di bidang olahraga bela diri. Sigit Adriyanto/Ponianak Post

BENGKAYANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkayang memberikan penghargaan kepada putra putri berprestasi di bidang olahraga bela diri. Mereka adalah Dea Destia Renata yang merupakan atlet karate putri dan Muhammad Reza atlet muda pencak silat. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis di sela-sela Peringatan HUT Kabupaten Bengkayang.

Dea Destia Renata Sitorus yang juga merupakan Siswi di SMA Negeri 1 Bengkayang menceritakan bahwa penghargaan tersebut diberikan lantaran dirinya lolos mengikuti Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Tingkat Nasional untuk cabang karate.

“Untuk sementara ini yang dipanggil KOSN itu lolos tingkat nasional,” ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (3/5). Sebelumnya, Dea juga mengikuti berbagai kompetisi untuk ajang mengasah kemampuan. Beberapa kompetisi yang diikutinya merupakan kompetisi berbasis virtual (Online) disebabkan kondisi pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga sekarang.

“Banyak sih tanding virtual, seperti Charity Cup, SBY Cup, Bekasi Open dan Jakarta Open. Ya, sistem pertandingannya virtual karena di masa pandemi dilarang adanya kerumunan. Kemudian, masih belum divaksin jadi belum bisa berangkat kemana-mana,”jelasnya.

Pertandingan virtual itu diikuti dengan cara membuat rekaman video. Kemudian, untuk penjurian dan hasil pengumuman pemenang ditentukan melalui hasil video itu sendiri. “Virtual dengan sistem rekaman dulu. Setelah membuat rekaman, videonya dikirim dan dinilai oleh juri nanti,” jelasnya.

Untuk prestasinya yang paling mencolok adalah keikutsertaannya dalam kompetisi di tingkat nasional maupun internasional. “Internasional dapat medali emas di International Silent Knight Cup, kelas Kadet Putri dan Nasional di Charity Cup Kelas Junior Putri Medali Emas,” ungkap Dea.

Lebih jauh, di momen peringatan HUT Kabupaten Bengkayang ini, Dea berharap agar ke depan pemkab bisa lebih memperhatikan para atlet berprestasi, memfasilitasi dan memberikan dukungan.

Sementara itu, atlet muda pencak silat pria dari Kabupaten Bengkayang, Muhammad Reza juga turut menerima penghargaan dari Bupati Darwis. Siswa dari SMA Negeri 1 Sanggau Ledo tersebut sebelumnya berhasil menyabet medali emas pada Tahun 2020 Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat serta mengantarkan nama Kalbar ke tingkat nasional.

“Saya sudah seleksi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) dan mendapat tiket untuk berlaga di tingkat nasional nanti,” ujar Reza. Ia menilai bahwa penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi serta komitmen nyata Pemkab Bengkayang dalam memperhatikan para atlet berprestasi di berbagai cabang olahraga.

“Saya berharap pemberian penghargaan ini menjadi stimulus bagi atlet lain untuk lebih berprestasi,” ungkapnya. Reza berharap, Pemkab Bengkayang dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bengkayang dapat memberikan dukungan penuh dan melakukan pembinaan para atlet. “Semoga tidak formalitas saja, namun ada aksi nyata. Jangan di saat kami sudah berprestasi baru ada aksi,” pungkasnya. (sig)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!