Pemkab Landak Bentuk Gugus Tugas, Siapkan Sarana dan Personel Tangani Corona

Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa

NGABANG – Mengantisipasi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Landak, membentuk Gugus Tugas Pengendalian Covid-19 menyusul sudah ada satu pasien positif corona di Pontianak.

Pertemuan yang melibatkan 14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Senin (16/3). Gugus tugas nantinya akan menyusun rencana aksi penanganan Corona mulai dari tahapan Promotif dan Preventif, serta Kuratif dan Rehabilitasi.

Pemkab pun tengah menyiapkan sarana, sumber daya dan personel kesehatan yang terlatih untuk penanganan khusus suspect dan pasien Covid-19 sesuai dengan standar pelayanan kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

“Walaupun di Landak belum ada yang terkena virus tersebut, namun antisipasi harus dilakukan,” ucap Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa, Senin (16/3).

Rapat tersebut menghasilkan sejumlah keputusan yang tertuang dalam surat edaran Bupati Landak Nomor:440/170/KESRA. Dalam rangka kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap meluasnya virus corona, Pemkab Landak mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar daerah atau ke luar negeri yang saat ini mengalami paparan virus corona.

Selain itu, para Camat diminta meningkatkan kewaspadaan, dengan mengoptimalkan pengawasan keluar dan masuknya orang di wilayahnya masing-masing. Dan, melaporkan hasil pantauan tersebut kepada bupati secara berkala.

Para Camat juga diminta untuk melakukan upaya promotif, dengan sosialisasi terkait informasi umum dan langkah-langkah pencegahan virus corona.

Ia juga mengajak kepada semua masyarakat Landak untuk tetap tenang namun selalu waspada. Warga beraktivitas seperti biasa dan tetap menjaga pola hidup sehat.

“Kami juga meminta masyarakat mengurangi kegiatan dan aktivitas yang melibatkan masyarakat ramai di tempat terbuka. Selain itu, masyarakat yang merasa memiliki gejala covid-19 untuk segera mendatangi pusat layanan kesehatan terdekat,” pungkasnya.

Rapat tersebut melibatkan Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Dinas Kesehatan, RSUD Landak, BPBD, BPKAD, DSP3AKB, DPMPD, DPUPR, DPPKP, Diskominfo, Satpol PP, Disdikbud dan Bagian Pemerintahan Umum.

Satgas dibentuk di setiap kabupaten dan kota pasca terbitnya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Virus Covid-19. (mif)

loading...