Pemkab Mempawah Berikan Dana Bantuan Keuangan Parpol Rp1,1 M

MEMPAWAH – Pemerintah Kabupaten Mempawah menyalurkan bantuan keuangan untuk Partai Politik (Parpol) Hasil Pemilu 2019. Total bantuan yang dikucurkan senilai Rp 1,1 milyar yang dialokasikan untuk sepuluh parpol. Secara simbolis, bantuan diserahkan oleh Bupati Mempawah, Erlina kepada Pengurus Parpol, Rabu (29/7) di Kantor Bupati Mempawah.

“Penyaluran bantuan keuangan ini berdasarkan pada UU Nomor 2 tahun 2008 tentang parpol yang menyebutkan parpol berhak memperoleh bantuan keuangan dari APBN/APBD. Bantuan diberikan kepada parpol yang mendapatkan kursi di DPRD,” terang Erlina.

Erlina mengungkapkan, besaran bantuan keuangan yang diberikan kepada parpol ditingkat kabupaten/kota sebesar Rp1.500 per suara sah. Bagi kabupaten/kota yang alokasinya telah melebihi Rp1.500 per suara maka bantuan keuanganya sama dengan jumlah bantuan tahun berjalan.

“Sesuai kemampuan keuangan daerah, maka kita mengalokasikan bantuan senilai Rp 8.508 per suara sah,” ungkapnya.

Merujuk pada ketetapan KPU Nomor 198/PL.01.9-KPT/6102/KPU/VII/2019 bahwa partai yang memperoleh kursi di DPRD Kabupaten Mempawah sebanyak 10 parpol. Yakni, PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, PKS, PPP, PAN, Hanura dan Demokrat.

“Melalui penyaluran bantuan keuangan ini, kami mengharapkan terciptanya sinergitas dan kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Mempawah dengan komponen Parpol untuk bersama-sama membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Erlina menyebut, komponen parpol merupakan mitra kerja strategis bagi Pemerintah Kabupaten Mempawah dalam menyelenggarakan roda pemerintahan daerah. Terlebih, dalam rangka mensukseskan program pembangunan daerah yang terukur dan tepat sasaran.

“Kami sangat membutuhkan persamaan persepsi dan kerjasama yang baik. Karena, hal itu akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan daerah dimasa mendatang. Saya yakin dan percaya rintangan dan halangan dapat kita selesaikan dengan adanya kerjasama dan sinergitas,” pendapatnya.

Erlina berpesan agar penggunaan bantuan keuangan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin sesuai aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah. Sesuai aturannya, bantuan keuangan parpol diprioritaskan untuk pendidikan politik untuk anggota parpol maupun masyarakat.

“Sesuai hasil pemeriksaan BPK-RI terhadap penggunaan batuan keuangan parpol di tahun 2019 lalu, dari 11 parpol penerima bantuan terdapat 9 parpol yang tingkat kepatuhan pertanggungjawabanya sudah memadai,” ungkapnya.

Untuk itu, Bupati mengatakan, akan menyalurkan bantuan keuangan kepada parpol yang telah memenuhi kelengkapan administrasinya. Sedangkan bagi parpol yang belum melengkapi, diharapkan dapat segera menyelesaikan proses pencairan bantuan keuangan.

“Terima kasih atas dukungan dan kerjasama seluruh parpol di Kabupaten Mempawah. Mudah-mudahan kedepan bisa lebih maksimal dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.(wah)

error: Content is protected !!