Pemkab Tetapkan Induk Durian Lokal  

SURVEI: Tim pengawasan sertifikasi benih Dinas Pertanian Provinsi Kalbar saat menetapkan pohon induk durian lokal di Desa Pawis, Minggu (2/2).ISTIMEWA

PEMERINTAH Kabupaten Landak melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) bersama tim Unit pengawasan sertifikasi benih Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Barat melakukan Observasi, inventarisasi, karakterisasi dan penetapan pohon induk durian lokal, di Desa Pawis, Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak, Minggu (2/2).

Kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan keberadaan plasma nutfah durian lokal di Kabupaten Landak, karena Plasma nutfah tanaman durian yang sangat kaya dan beragam. Selain itu, plasma nutfah merupakan kekayaan masyarakat yang perlu di lestarikan secara optimal.

Pengawas benih tanaman (UPTPSB Provinsi Kalbar) Kabupaten Landak Benhard Samosir menyampaikan, ada satu varietas durian unggul yang akan diobservasi, inventarisasi, karakterisasi dan penetapan pohon induk durian lokal.

“Durian unggul lokal tembaga bumok yang akan diidentifikasi terlebih dahulu daripada jenis durian lokal lainnya. Dimana daging buahnya berwarna orange, kering tidak becek, daging buah cukup tebal, daya tahan simpan tidak mudah pecah, aroma buah enak dan tekstur buah tidak banyak serat,” ujar Benhard.

Ia juga mengatakan, observasi tahap awal yang dilakukan bersama tim nantinya akan didaftarkan ke kantor pusat perlindungan varietas tanaman dan perizinan pertanian Jakarta. “Sehingga jika durian lokal ini sudah teridentifikasi dan nantinya untuk dikembangkan menghasilkan varietas turunan esensial yang bahan dasarnya varietas lokal,” Ujar Benhard.

Sementara itu, Kepala Desa Pawis Laong mengatakan banyak jenis durian lokal yang cukup tebal isinya, khususnya di Desa Pawis sehingga nantinya bisa menjadi unggulan Desa Pawis dan bisa diidentifikasi setelah itu dicoba untuk perbanyakan bibit. “Sebagai langkah awal kita menanan tanaman durian unggul lokal di tingkat petani. Sehingga tidak lagi jauh-jauh untuk mencari buah durian. Harapannya bisa menjadi kebun koleksi durian unggul lokal yang ada di desa.”

Laong juga mengapresiasi pemerintah Kabupaten Landak yang telah bersedia untuk melakukan observasi karakterissasi durian lokal khususnya durian tembaga bumok yang ada di Desa Pawis ini.

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Sahbirin, mendukung penuh dengan adanya Program atau Kegiatan Obsearvasi Durian Lokal (Tembaga) yang ada di Desa Pawis, Dusun Pawis Hilir Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak. “Program ini sangat bermanfaat untuk masyarakat sekitar dan mempertahankan plasma nutfah tanaman, saya berharap masyarakat setempat untuk lebih aktip dan siap untuk membantu tim yang melaksanakan oservasi, pemerintah Kabupaten Landak atau intansi terkait siap mendukung kegiatan yang telah di laksanakan dalam perlindungan Tanaman atau legalitas buah lokal yang bernilai ekonomis untuk dapat menjadi tanaman buah unggulan Daerah kabupaten Landak,” tutup Sahbirin. (mif)

loading...