Pemkot Audiensi Bersama Menhub

AUDIENSI: Pemerintah Kota Singkawang melakukan audiensi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi secara daring melalui Telematics Control Managemen (TCM) Room, kemarin. HUMASKOT FOR PONTIANAK POST

SINGKAWANG – Dalam upaya mewujudkan percepatan pembangunan bandara di Kota Singkawang, Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang melakukan adiensi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi secara daring melalui Telematics Control Managemen (TCM) Room, baru-baru ini. Wali Kota (Wako) Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan bahwa audiensi ini menindaklanjuti hasil penyerhan aset tanah bandara dari Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang kepada Kementerian Perhubungan.

“Hal itu telah diwujudkan dalam bentuk konkret berupa alokasi anggaran APBN tahun 2021 pada pekerjaan fisik sisi udara yang saat ini dalam proses pelaksanaan,” kata Wako.

Dalam audiensi tersebut, Wako menyampaikan usulan anggaran untuk pembangunan lanjutan runway bandara. Di dalam APBD, Pemerintah Kota Singkawang akan membuka drainase sampai ke sungai, sehingga pembangunan bandar udara Kota Singkawang tidak menyebabkan banjir. “Dalam audiensi tersebut, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi akan mengalokasikan anggaran untuk melaksanakan usulan tersebut di Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022,” ujarnya.

Selanjutnya, Pemerintah Kota Singkawang akan menghubungi dan melanjutkan hasil audiensi ini dengan pihak diaspora, bahwa Menteri Perhubungan Republik Indonesia akan mengalokasikan anggaran 50 persen untuk kebutuhan pembangunan. “Kita harapkan para diaspora atau investor bisa melihat progress pembangunan bandara Kota Singkawang. Nantinya Pemerintah Kota Singkawang akan menyiapkan suatu progress terbaru untuk dipaparkan kepada para diaspora atau investor. Infrastruktur ini akan sangat membantu untuk percepatan pembangunan Kota Singkawang,” katanya.

Ia menjelaskan banyak dampak positif dari pembangunan bandara Kota Singkawang akan menumbuhkan banyak potensi-potensi usaha yang menunjang perekonomian daerah, di antaranya seperti hotel, lapangan golf, dan sebagainya. Ia berharap kebutuhan akan pekerjaan bagi masyarakat Kota Singkawang dapat terjawab dengan kehadiran bandara. Ia mengatakan nantinya akan memberdayakan masyarakat Kota Singkawang sebagai salah satu penunjang fasilitas daerah.

“Saya percaya akan tingginya antusiasme masyarakat Kota Singkawang yang turut bergabung dalam setiap pengerjaan dan program pembangunan Pemerintah kota Singkawang,” katanya.

Ia juga mengapresiasi komitmen Presiden Republik Indonesia melalui Kementerian Perhubungan yang luar biasa. “Saya berterima kasih kepada Presiden RI melalui Kementerian Perhubungan RI beserta jajarannya yang sudah bekerja keras dan mendukung Pemerintah Kota Singkawang untuk pembangunan bandara kebanggaan kita,” ujarnya. (har)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!