Pemprov Kerja Sama 20 Perguruan Tinggi, Tampung Putra Putri Berprestasi Lanjutkan Pendidikan

PRESTASI : Penandatanganan bersama dalam mendukung program perguruan tinggi bagi putra putri berprestasi di Kalbar di Balai Petitih Kantor Gubernur, Rabu (28/10).  

PONTIANAK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) bekerjasama dengan 20 perguruan tinggi yang ada di provinsi ini menyediakan kuota satu sampai dua persen untuk generasi muda Kalbar yang telah mengharumkan nama daerah. Seperti memenangkan kejuaraan di tingkat nasional dan lain sebagainya, atau jalur prestasi non akademik secara perorangan.

Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan kebijakan ini berlaku untuk semua warga Kalbar, tanpa memandang suku, ras maupun agama apapun. Asal sesuai dengan latar belakang pendidikan masing-masing. Seperti dicontohkannya tidak mungkin lulusan SMK jurusan akuntansi bisa masuk kuliah ke Fakultas Kedokteran, meski yang bersangkutan memang memiliki prestasi. “Kalau begitu kan tidak gampang ya,” katanya.

Selain menyiapkan kuota di perguruan tinggi, Pemprov juga akan menyiapkan beasiswa selama dua semester bagi mereka yang berprestasi. Bahkan bisa diupayakan untuk masuk ke perguruan tinggi ternama di pulau Jawa seperti Universitas Indonesia (UI) dan lain sebagainya. “Kalau prestasinya bagus (selama dua semester), IPK-nya mungkin bisa 3,8 atau 3,9, maka beasiswanya bisa kami lanjutkan untuk semester tiga dan empat,” jelasnya.

Midji sapaan akrabnya menekankan, kebijakan ini berlaku untuk seluruh warga Kalbar yang berperstasi. Jika pun ada lembaga-lembaga lain yang juga ingin memberikan beasiswa serupa, ia sangat mempersilahkan. Pada intinya ia ingin semua masyarakat Kalbar yang berprestasi benar-benar dihargai oleh pemerintah daerah. “Intinya ini berlaku tanpa memandang etnis dan agama manapun, semuanya berlaku sama,” pungkasnya.

Adapun yang sudah menandatangani komitmen bersama dalam mendukung program perguruan tinggi bagi putra putri berprestasi di Kalbar ada sebanyak 20 perguruan tinggi. Antara lain, Universitas Tanjungpura (Untan), Universitas Panca Bhakti, Universitas Widya Dharma, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Universitas NU Kalbar, IAIN Pontianak, IKIP PGRI Pontianak dan Institut Shanti Bhuana Bengkayang.

Kemudian Politeknik Negeri Pontianak, Politkenik Kesehatan Kemenkes Pontianak, Politeknik Negeri Ketapang, Politeknik Negeri Sambas, Politeknik Aisyiyah Pontianak, Politeknik Tonggak Equator, Akademi Kebidanan WBI Singkawang, Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak, Pengurus Yarsi Pontianak, STIK Muhammadiyah Pontianak, STKIP Pamane Talino dan Sekolah Tinggi Teologi ATI Anjungan.

Kesepakatan ini sebagai bentuk nyata dukungan perguruan tinggi di Kalbar untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang sangat dibutuhkan di Kalbar.

Rektor Untan Garuda Wiko mengatakan, dengan adanya kerja sama ini, menjadi komitmen agar putra puteri terbaik yang memiliki prestasi nasional bisa dipertimbangkan dalam penerimaan perguruan tinggi. Meski demikian penerimaan masih tetap menggunakan jalur seperti yang sudah ditentukan Kementrian. Baik lewat SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri. (bar)

 

error: Content is protected !!