Pemprov Serahkan 23 Unit Ventilator

SERAHKAN : Gubernur Kalbar Sutarmidji saat menyerahkan bantuan ventilator dan NIV kepada perwakilan pihak RS se-Kalbar, Senin (26/10). IDIL AQSA AKBARY/PONTIANAK POST

Midji Minta RS Perhatikan Psikis Pasien Covid-19

PONTIANAK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) menyerahkan bantuan tiga unit ventilator dan 20 unit Non Invasive Ventilator (NIV) kepada pihak Rumah Sakit (RS) se-Kalimantan Barat (Kalbar). Alat kesehatan ini merupakan bantuan dari pihak ketiga untuk mendukung penanganan Covid-19 di Kalbar.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Kalbar Sutarmidji menyerahkan langsung kepada perwakilan RS penerima bantuan. Ia menjelaskan berbeda dengan ventilator, NIV khusus digunakan untuk pasien Covid-19. Sementara ventilator selain untuk pasien Covid-19 juga bisa digunakan untuk pasien penyakit lain. “Jadi ini bantuan dari PT Dinamika Sejahtera Mandiri. Kemudian ada satu dari pengusaha Kalbar peduli Covid-19, kemudian yang duanya itu dari salah satu produsen otomotif. Semuanya sudah kami sebar ke RS supaya bisa dimanfaatkan,” harapnya.

Alat ini dinilai penting dimiliki setiap RS agar bisa melaksanakan penanganan terhadap pasien dengan cepat. Selain itu Midji sapaan akrabnya berharap, selain mengobati secara fisik, pihak RS juga bisa memperhatikan psikis para pasien Covid-19 yang dirawat. “Beban psikologis kadang yang berat. Ada yang positif (kandaungan virus) ratusan juta copies virus tapi dia OTG, karena imunitas bagus dia sembuh. Dia ikuti apa yang kami sarankan, jadi lebih pada psikis (juga penting),” pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson menambahkan, masing-masing penerima bantuan antara lain RSUD Soedarso, Pontianak sebanyak tiga unit ventilator. RSUD Abdul Azis, Singkawang dua NIV, satu unit jenis Bilevel Positive Airway Pressure (BiPAP) dan satu unit jenis Continous Positive Airway Pressure (CPAP).

RSUD dr Rubini, Mempawah sebanyak dua unit NIV jenis BiPAP. RSUD Landak dua unit NIV jenis BiPAP. RSUD Sambas dua unit NIV jenis BiPAP dan CPAP. RS M.TH.Djaman, Sanggau dua unit NIV jenis BiPAP dan CPAP. RSUD Ade M Djoen, Sintang dua unit NIV, masing masing satu uni jenis BiPAP dan CPAP.

Kemudian RSUD dr Agoesdjam, Ketapang sebanyak dua unit NIV jenis CPAP. RS Kartika Husada, Kubu Raya sebanyak dua unit NIV, masing-masing satu jenis BiPAP dan CPAP. Untuk RS Anton Soedjarwo, Pontianak sebanyak dua unit NIV jenis BiPAP dan CPAP. Dan yang terakhir dua unit NIV untuk Unit Pelatihan Kesehatan (Upelkes) Kalbar. “Jadi total ada 23 unit, tiga ke RSUD Soedarso dan 20 unit ke RS lainnya,” jelasnya. (bar)

error: Content is protected !!