Pemprov Siapkan Rp5,2 M untuk Perbaikan Jalan Rusak

TRUK TERGULING: Truk terguling pada ruas jalan rusak menuju Siduk,  Desa Simpang Tiga. Pemandangan truk terguling seperti ini menjadi lazim lantaran kerusakan jalan milik Pemprov sudah sedemikian parahnya. ISTIMEWA

SUKADANA – Perbaikan ruas jalan dari Sukadana menuju Siduk, dan Teluk Batang – Sukadana, jika ditotalkan secara keseluruhan, anggaran yang ada berjumlah Rp5,2 miliar. Hal tersebut diungkapkan Plt. Kepala Dinas PUPR Kalbar, Sukri, kepada Pontianak Post, kemarin.

Menurutnya, perbaikan ruas jalan milik Pemerintah Provinsi Kalbar di Kabupaten Kayong Utara saat ini sudah memasuki proses keaslian dari penyedia yang ada. Untuk perbaikan ruas jalan dari Sukadana menuju Siduk, dan Teluk Batang – Sukadana, diungkapkan dia jika total anggaran yang ada berjumlah Rp5,2 miliar.  Masing-masing, disebutkan dia, terdapat Rp2,6 milar. “Sekitar 2,6 miliar (rupiah). (Jumlah) 2,6 M untuk ruas jalan Siduk (Desa Simpang Tiga) – Sukadana dan 2,6 milar lagi untuk Sukadana – Teluk Batang, totalnya jadi 5,2 milar (rupiah),” jelasnya lagi.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang ada, ruas jalan yang mengalami kerusakan parah menjadi langganan terdapatnya truk bermuatan terguling dan amblas menjadi perhatian warga setempat. Warga pun melakukan gotong royong bersama, agar jalur tersebut setidaknya dapat dilalaui sejumlah kendaraan.

Salah satu warga Toni menilai, kerusakan jalan ini memang sudah selayaknya menjadi perhatian. Karena truk bermuatan dari Pontianak ke Ketapang, maupaun sebaliknya yang memabawa sembako dan lainnya, diakui dia, banyak melalui jalur itu.

Namun, dalam hal ini, ia berharap pula bagi truk yang membawa muatan agar dapat memperhatian kapasitas muatan, sehingga tidak membahayakan satu sama lain. “Untuk angkutan semoga dapat melihat muatannya juga. Mudah-mudahan saja jalan kita ini dapat segera diperbaiki, agar roda perekonomian masayrakat dapat berjalan dengan lancar,” tutupnya. (dan)

loading...