Pendataan Keluarga 2020 Kalbar Menyasar 1,5 Juta Keluarga

PONTIANAK-Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat, Kusmana mengatakan persiapan buat pendataan keluarga 2020 di bulan Mei tengah dilakukan pihaknya. Sebanyak 900 petugas pendata disiapkan untuk meresap hingga 1,5 juta data Kartu Keluarga dengan zona wilayah Kalbar jangkauan mudah sedang dan sulit.

“Persiapan pendataan keluarga tengah kami (BKKBN) lakukan. Koordinasi dengan berbagai lini agar program ini berjalan maksimal dilihat sejauh ini juga berjalan baik. Petugas-petugas pendata juga telah disiapkan. Kurang lebih ada 900 orang yang akan bertugas dalam kerja besar ini,” kata Kepala BKKBN Perwakilan Kalbar, Kusmana kepada Pontianak Post, Kamis (9/1).

Pendataan keluarga dilakukan jelas dia sebagai upaya menuju satu data. Sinergi dengan BPS dan Catatan Sipil menuju satu data intens dilakukan.

Pendataan keluarga ini akan menyerap 1,5 juta KK yang sebarannya di Kalbar menjangkau wilayah sulit sedang dan mudah.

Dalam pendataan ini, petugas internal dari BKKBN yang menjadi ujung tombak adalah teman-teman petugas KB yang menjadi koordinatornya. “Petugas KB ini bisa menjadi kooordinator di bawah empat desa. Namun itu melihat lagi jangkauan wilayahnya. Jika aksesnya sulit mungkin tanggung jawabnya bisa di dua desa,” katanya.

Kemudian lanjut dia, GenRe dan komponen kader KB, PKK juga terlibat pada pendataan keluarga ini. Makanya pendataan dilakukan di Mei mendatang. Karena saat itu diperkirakan memasuki tahapan puasa dan masa libur. Jika rencananya demikian, keterlibatan GenRe akan ikut serta dalam pendataan keluarga ini akan dilakukan. “Mudah-mudahan dalam kegiatannya nanti tak terkendala. Dengan adanya satu data maka akan memudahkan dalam mewujudkan program KKBPK,” tandasnya.(iza)

loading...