Pengadilan Negeri Pontianak Gelar Sidang Secara Online

PONTIANAK – Pengadilan Negeri Pontianak menggelar sidang perkara melalui video teleconference atau sidang jarak jauh dengan sistem online. Pengadilan Negeri Pontianak menyiapkan sarana dan prasarana persidangan seperti infokus, komputer, pengeras suara, dan face cam.

Humas Pengadilan Negeri Pontianak, Moch Ichwanudin mengatakan, sidang perkara dengan cara video teleconference ini sudah digelar sejak Senin, 30 Maret 2020.

Hal itu berdasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 01 tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan tugas selama masa pencegahan penyebaran covid 19.

“Jadi selama darurat covid-19 ini, sidang-sidang dilakukan secara online,” katanya.

Menurut Ichwanudin, sidang secara online ini tidak akan mengganggu substansi isi persidangan. Menurutnya, apa pun yang diatur oleh hukum acara peradilan, hak-hak yang bersangkutan (terdakwa) akan diberikan meskipun posisi terdakwa berada di dalam rumah tahanan.

“Karena surat edaran baik dari MA maupun dari pimpinan kemasyarakatan menginginkan seluruh tahanan tidak keluar dalam masa darurat covid 19 ini. Sehingga terdakwa tetap berada di rumah tahanan,” lanjutnya.

Ichwanudin mengaku belum mengetahui sampai kapan sidang secara online tersebut. Menurutnya, pihaknya menunggu sampai ada keputusan dari pemerintah.

“Sampai kapan, nanti akan ada keputusan dari Pemerintah,” pungkasnya. (arf)

loading...