Pengedar Sabu di Selakau Dibekuk

BARBUK SABU: Barang bukti yang diamankan Polres terkait pengungkapan peredaran narkotika di wilayah Kecamatan Selakau. Kepolisian mengamankan pelaku yang merupakan warga Singkawang berinisial SHD. FAHROZI/PONTIANAK POST

SAMBAS – Pria berinisial SHD alias IH (47) asal Kota Singkawang, diringkus jajaran Polres Sambas lantaran diduga mengedarkan narkotika jenis sabu-sabu di wilayah Kabupaten Sambas, khususnya di Kecamatan Selakau, Selasa (23/2).

Kapolres Sambas melalui Kasat Narkoba, IPTU Wismo mengatakan bahwa terungkapnya kasus peredaran narkotika tersebut berawal dari keresahan warga. Warga melaporkan bahwa yang bersangkutan sering keluar masuk wilayah Kecamatan Selakau. “Adanya informasi, jika SHD ini sering berada di Kecamatan Selakau yang diduga mengedarkan sabu sabu,” kata Kasat Narkoba.

Berbekal informasi tersebut, petugas kepolisian kemudian melakukan penyelidikan. Selanjutnya melakukan pembelian terselubung barang haram tersebut ke SHD pada Selasa (23/2) sekitar pukul 16.00 WIB

“Petugas kepolisian melakukan penyamaran untuk kemudian membeli barang bukti sabu dari SHD,” katanya. Rencana dari pihak kepolisian tersebut pun berjalan mulus. SHD sendiri percaya untuk selanjutnya bertemu di suatu tempat melakukan transaksi.

Disepakatilah pertemuan dilakukan di sebuah rumah yang beralamat di Dusun Damai RT 2 RW 02 Desa Parit Baru, Kecamatan Selakau. Setelah pertemuan di rumah tersebut, tanpa perlu lama-lama lagi, petugas kepolisian melakukan penangkapan terhadap SHD, untuk selanjutnya digelandang ke Mapolres Sambas guna pemeriksaan secara mendalam.

Dari tangan SHD mereka menemukan sejumlah barang bukti di antaranya satu paket plastik klip transparan yang berisikan enam paket plastik klip transparan, berisikan butiran kristal putih, yang diduga narkotika jenis sabu-sabu dengan berat bersih 11,49 gram. Selanjutnya mereka juga mendapati sebuah timbangan kecil, dua buah sendok yang terbuat dari pipet, sebuah bong, korek api berwarna ungu, paket klip transparan, serta dua handphone. “Barang bukti yang ditemukan juga dibawa petugas kepolisian guna keperluan pemeriksaan,” katanya.

Saat ini, SHD disangkakan melanggar Pasal Narkotika sebagaimana dimaksud dalam pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 112 ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Penangkapan SHD ini menambah daftar panjang kasus peredaran narkotika jenis sabu-sabu yang diungkap jajaran Polres Sambas di wilayah Kabupaten Sambas. (fah)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!