Pengelolaan BOKB di Tangan Daerah, Muda Optimis Program Bangga Kencana Berjalan Moncer

KUBU RAYA-Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan optimis memandang jalannya program Bangga Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dapat berjalan semakin maksimal. Aturan pengelolaan Biaya Operasional Keluarga Berencana (BOKB) yang kini langsung dilimpahkan pusat ke daerah masing-masing diyakini dapat mempercepat jalannya program itu.

“Selama ini sinergi antara Pemda Kubu Raya dan BKKBN Kalbar dalam menjalankan program Bangga Kencana sudah berjalan baik. Kini, inovasi kembali dilakukan dengan pengelolaan dana BOKB langsung dilimpahkan ke daerah masing-masing,” ujar Muda Mahendrawan, kemarin.

Muda melanjutkan, selama ini pengelolaan dana BOKB dari BKKBN yang dikelola daerah Kubu Raya menggunakan sistem non tunai sudah dilakukan sejak dua tahun terakhir. Jalannya penggunaan anggaran tersebut pandangnya juga transparan mudah dan cepat.

Kini penggunaan dana BOKB langsung dilimpahkan ke daerah dari pusat. Tentunya ini menjadi kabar baik, dan bisa menjadi motivasi pada semua tenaga PKB dan PLKB yang bertugas di Kabupaten Kubu Raya. Termasuk semua target akseptor sebagai sasarannya.

Adanya inovasi tersebut, akan membuat jalannya program di lapangan semakin cepat. Muaranya, akan berpengaruh pada capaian program yang telah ditargetkan. “Saya yakin, dengan skema seperti ini akan mempercepat jalannya program di lapangan. Sudah tentu akan tepat sasaran,” ujarnya.

Dalam konteks kependudukan dan mewujudkan keluarga sehat berkualitas tentunya akan dikolaborasikan dengan program Kubu Raya “Kepong Bakol” dengan disinergikan di semua program SOPD.

Pada kesempatan itu, ia juga membocorkan besaran anggaran BOKB yang digelontorkan BKKBN ke Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kubu Raya, kurang lebih Rp 2 miliar. Pencairannya sendiri sudah dilakukan sejak Januari lalu.(iza)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!