Pengelolaan dan Pengembangan BUMDes

POSE BERSAMA: Tim PKM Dosen FEB Untan berfoto bersama camat dan aparatur Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang usai kegiatan, kemarin. | FEB UNTAN

PKM Dosen FEB Untan di Sungai Raya Kepulauan

PONTIANAK – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura (FEB Untan) melakukan kegiatan edukasi tentang Pengelolaan dan Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang, 15 Juli 2020. Kegiatan dipusatkan di Gedung Balai Desa, Desa Karimunting.

Dekan FEB Untan Pontianak yang juga Pimpinan TIM PKM, Dr. Barkah, SE. M.Si menerangkan, setelah kegiatan Tim PKM FEB Untan berencana merancang beberapa desa di Kecamatan Sungai Raya menjadi Pilot Project dan Desa-desa binaan. “Intinya adalah bagaimana bisa membantu masyarakat mengelola dan pengembangan BUMDes,  khususnya di Bengkayang, Kalimantan Barat umumnya,” katanya.

Pandemi COVID-19 memberikan dampak bagi seluruh aspek kehidupan terutama berkaitan dengan usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat. Bagi masyarakat di pedesaan, upaya pemulihan ekonomi dan sekaligus mencari terobosan usaha dalam masa pandemi ini dapat dilakukan dengan mengoptimalkan peran BUMDes, sebagai lembaga ekonomi formal di desa yang lahir bersamaan dengan diterapkannya Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa. “Kegiatan yang telah terselenggara itu merupakan wujud kepedulian pada masyarakat di pedesaan dan melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi,” terangnya.

Kenyataannya di lapangan masih ada Desa-desa belum ada BUMDES, dan bahkan yang ada masih belum bisa mampu untuk menjalankan usahanya secara baik.  Tim PKM Fakultas yang terdiri dari 25 orang mempelajari dan mengamati kondisi ini untuk mengatasi persoalan yang di hadapi Desa dan BUMDES. “Diharapkan Desa dan BUMDes dapat menjadi penggerak dan katup pengaman kegiatan ekonomi masyarakat di pedesaan pada saat dan pasca terjadinya wabah pandemic Covid-19,” harapnya.

Kegiatan dihadiri Camat dan stafnya, para Kades dan Sekdes,  pengurus BUMDes serta pelaku usaha UMKM wilayah Kecamatan Sungai Raya Kepulauan. Camat Sungai Raya Kepulauan, Tulen menyampaikan, bahwa acara kegiatan PKM ini sangat bermanfaat menggerakan ekonomi desa melalui BUMdes dan desa-desa tidak perlu ragu-ragu lagi untuk mendirikan BUmdes karena pasti memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintahan desa. “Camat dan para kepala desa mengharapkan kedepan kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan berkembang dengan mengusung tema yang berkelanjutan, baik Ekonomi, sosial dan lingkungan,”katanya.

Para peserta PKM sangat antusias mendengarkan pemaparan dari para pembicara. Peserta termotivasi serta membuka wawasan dalam menjalani usaha BUMdes serta kegiatan usaha UMKM lainnya.  Enam pembicara yang mewakili TIM PKM, Dr.Barkah, SE. M.Si (Strategi Pemasaran Hasil Usaha BUMDes), Dr. Akhmad Yani, SE. M.Si (Peran Dan Fungsi BUMDes Dalam Meningkatkan Kegiatan Ekonomi Masyarakat Pedesaan, serta Prosedur Dan Tata Cara Pendirian BUMdes), Heriyadi, SE. M.Si, Ph.D (Strategi Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia Pengelola BUMDes), Wahyu Laksana, SE. MM, (Strategi Pemilihan Jenis Usaha  BUMDes), Drs. Syarbini Ikhsan, SE. MM.Ak (Strategi dan Kiat-Kiat Pemilihan Usaha Yang Praktis Bagi BUMdes),  M. Fahmi, SE. MM. Ak. CA (Strategi dan Kiat-Kiat Pengembangan Produk-Produk UMKM).(*/r)

loading...