Pengembangan Wisata untuk Kesejahteraan

PANTAI DATOK: Pantai Pulau Datok Sukadana salah satu lokalikasi wisata di Kayong Utara. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

SUKADANA – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Tasfirani mengungkapkan, terdapat tiga alasan penting pengembangan pariwisata di Kayong Utara. Pasalnya, dengan pengembangan tersebut, menurut dia, akan menyejahterakan masyarakat, meningkatan pendapatan daerah, dan memberikan kepuasan dan pengalaman yang baik kepada wisatawan.

“Pariwisata juga dapat mendorong proses perlindungan terhadap suatu lingkungan fisik maupun sosial budaya, karena sumber daya tersebut merupakan aset yang perlu dikembangkan dan dilestarikan untuk keberlanjutan generasi di masa depan,” jelas Tasfirani di Sukadana, Jumat, (16/10).

Namun demikian, ia tidak memungkiri  pariwisata juga dapat menimbulkan permasalahan yang serius bagi daerah seperti distorsi terhadap masyarakat lokal, degradasi lingkungan, hilangnya identitas, dan integritas suatu wilayah baik lokalitas maupun daerah. “Oleh karena itu untuk mengoptimalkan manfaat dan mengurangi berbagai masalah yang ditimbulkan dengan adanya pengembangan pariwisata, maka diperlukan perencanaan dan manajemen pengelolaan pariwisata yang baik,” jelas Tasfirani.

Kayong Utara merupakan daerah/kabupaten di wilayah Provinsi Kalimantan Barat  yang menarik dikaji, karena daerah ini menempatkan sektor pariwisata sebagai salah satu aspek penting dalam pembangunan daerah selain sektor lainnya. “Namun perlu diperhatikan bahwa untuk mendorong pariwisata sebagai sektor andalan, maka perlu dikembangkan dengan perencanaan yang baik dan terintegrasi serta lintas sektor. Pariwisata tidak bisa berkembang sendiri tanpa dukungan dari 14 sektor pembangunan. Karena pada umumnya pariwisata,” jelasnya lagi.

Sebab,  lanjut dia,  hal tersebut merupakan suatu kegiatan yang relatif baru bagi Kabupaten Kayong Utara. “Umumnya sumberdaya pengelola (SDM) industri pariwisata daerah belum memiliki pengalaman untuk mengembangkan dengan baik dan tepat,” lanjutnya. (dan)

error: Content is protected !!