Penghargaan Manggala Karya Kencana

Kepala Perwakilan Kalbar Tenny Calvenny Soriton (ketiga dari kiri) bersama Bupati Kabupaten Sanggau Paolus Hadi dan Ketua TP PKK Sanggau Arita Apolina usai menyerahkan penghargaan Manggala Karya Kencana.

Kontribusi Tinggi Daerah Jalankan Program Bangga Kencana

KEPALA Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Barat Tenny Calvenny Soriton menyerahkan penghargaan nasional Manggala Karya Kencana (MKK) dari Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo. Penghargaan tersebut diberikan kepada empat kabupaten yang memberikan kontribusi buat program Bangga Kencana. Empat Kabupaten itu adalah Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sambas, Kabupaten Melawi dan Kabupaten Kapuas Hulu.

Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Tenny Calvenny Soriton menjelaskan, penghargaan nasional ini sebenarnya diberikan kepada kepala daerah dan Ketua TP PKK yang dinilai telah sukses menjalankan program Bangga Kencana di daerahnya. Empat daerah itu adalah Kabupaten Sanggau, diganjar dua penghargaan dari BKKBN RI, yaitu Manggala Karya Kencana kepada Ketua TP PKK Sanggau Arita Apolina dan pelayanan sejuta akseptor kepada Bupati  Kabupaten Sanggau Paolus Hadi.

Kemudian Kabupaten Sambas menerima Manggala Karya Kencana kepada Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili atas dukungan pelayanan sejuta akseptor dan penghargaan bagi Dandim 1208 Sambas sebagai Kodim terbaik pelayanan KB sejuta akseptor.

Penghargaan Manggala Karya Kencana juga disemat kepada Kabupaten Melawi. Masing-masing diberikan kepada Bupati Melawi Panji dan Ketua TP PKK Kabupaten Melawi  Nurbetty Eka Mulyastri. Penghargaan Manggala Karya Kencana dan penghargaan pengelolaan program Bangga Kencana Nasional dari BKKBN RI juga diberikan kepada Bupati Kapuas Hulu AM Nasir, yang begitu serius dalam menjalankan program ini.

Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Tenny Calvenny Soriton mengucapkan terima kasih kepada pimpinan daerah yang selama ini sudah berkontribusi melaksanakan program Bangga Kencana di daerahnya masing-masing.

Ia berharap, di tahun depan Kabupaten/Kota lainnya yang belum mendapatkan penghargaan nasional dari BKKBN RI juga bisa mendapatkan penghargaan yang sama.

“Kami akan mendorong kabupaten kota lain untuk terus bersama-sama mensosialisasikan program BKKBN. Utamanya kepada kepala daerah agar program ini juga bisa menjadi prioritas di daerah masing-masing,” ungkapnya.

Sejauh ini ia melihat kepala daerah sudah menjalankan program Bangga Kencana ini. Mudah-mudahan, dengan adanya pemberian penghargaan bagi empat Kabupaten di Kalbar, bisa melecut semangat daerah lain buat hal yang sama.

Selain  pemberian penghargaan dari kepala BKKBN RI kepada kabupaten yang mendapat penilaian tertinggi atas capaiannya menjalankan program Bangga Kencana, Kepala BKKBN Kalbar sekaligus memberikan pembinaan kepada tenaga PKB di beberapa daerah. Ia pun melakukan pengecekan stok alkon di daerah yang ia datangi serta melakukan tinjauan di Balai Penyukuhan KB. (iza) 

 

error: Content is protected !!