Penghargaan Pramuka Garuda untuk Haafizh

PRAMUKA: Penghargaan Pramuka Garuda diserahkan Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono kepada Haafi zh Al Hibban. ISTIMEWA

Pengakap Raja di Malaysia dan Eagle Scout di Amerika Serikat

Haafizh Al Hibban namanya. Pelajar kelas empat sekolah dasar itu meraih penghargaan tanda pramuka Garuda. Penghargaan tertinggi untuk setiap jenjang pendidikan kepramukaan dan pertama kali di Kalimantan Braat.

RAMSES L TOBING, Pontianak

HAAFIZH Al Hibban mendapat penghargaan tanda pramuka Garuda. Penghargaan yang diberikan kepada seorang pramuka karena mencapai kecakapan dan penghargaan tertinggi di masing-masing jenjang kepramukaan. Haafizh masuk pada tingkatan siaga.
Penghargaan pramuka Garuda itu diserahkan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono yang juga menjadi Wali Kota Pontianak. Penghargaan itu disematkan saat upacara peringatan Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 depan Kantor Wali Kota Pontianak, Jalan Rahadi Usman, 14 Agustus 2019.
Proses untuk mendapatkan penghargaan itu berangkat dari usulan. Sebelum harus memenuhi beberapa kriteria untuk diusulkan. Seperti kecakapan di pramuka dan memiliki prestasi sehingga dianggap layak ikut seleksi guna mendapatkan penghargaan Pramuka Garuda.
Haafizh dinilai memenuh berbagai kriteria. Soal kecakapan misalnya, jangan ditanya. Haafizh berada pada tingkatan siaga tata. Tingkatan tertinggi pada golongan siaga. Pada golongan siaga sendiri dibedakan tiga tingkatan berdasarkan syarat kecakapan umum, yakni mula, bantu dan tata.
“Haafizh mencapai prestasi tertinggi di golongannya,” kata Jhonny Irwansyah ayah dari Haafizh Al Hibban, di Pontianak, kemarin.
Persyaratan lain yakni memiliki tanda kecakapan khusus. Tanda itu dipasang dibaju dan selempang. Ia bahkan sudah mengikuti beragam kegiatan golongan siaga. Baik tingkat kecamatan, kabupaten, bahkan nasional. Tanda kecakapan khusus yang dimiliki Haafizh menjadi bukti kemampuan individu yang dimilikinya.
Di luar pramuka Haafizh memilik prestasi membanggakan. Ia Juara 1 Sabuk Merah Taekwondo. Anak sulung dari tiga bersaudara itu juga meraih emas dalam turnamen yang digelar Dinas Kehutanan se-Kalimantan Barat.
Haafizh aktif di Pramuka dari kelas 2 SD hingga sekarang. Saat ini ia sudah duduk di kelas enam. Keaktifannya di pramuka turun dari sang ayah. Jhonny Irwansyah aktif di pramuka sejak 20 tahun silam dan hingga sekarang.
Ia memiliki jabatan di Pramuka, sebagai Andalan cabang Pontianak Kota. Begitu juga dengan ibunya, Maisa Sri Wati yang aktif di pramuka. Jabatannya, Andalan Ranting Pontianak Kota.
Bagi Jhonny penghargaan yang diperoleh menjadi kebanggaanya sebagai orangtua. Apalagi itu penghargaan pertama untuk golongan siaga. Belum ada yang memperoleh penghargaan itu di Kalimantan Barat. Dan Haafizh yang pertama memperolehnya.
Jhonny berharap Haafizh mampu mengembang amanah penghargaan itu. Amanahnya tetap menjadi teladan bagi teman, dirinya, lingkungan dan punya tanggungjawab mempertahankan tindak laku agar menjadi teladan.
Mereka yang memperoleh penghargaan itu memiliki tugas utama memotivasi teman-temannya untuk mencapai tanda Pramuka yang sama.
“Sangat bangga berharap tetap menjadi teladan di keluarga, teman-temannya dan bisa memotivasi untuk meningkatkan prestasi akademiknya,” kata dia.
Sekretaris Kwarcab Kota Pontianak Hari Ibrahim mengatakan penghargaan ini diberikan tidak hanya siaga saja, tapi juga penggalang maupun penegak. “Pramuka Garuda ini kecakapan tertinggi di setiap golongan, jadi setiap golongan ada penghargaan pramuka garuda,” kata dia.
Ia mengingatkan setiap penerima wajib menjadi teladan contoh bagi Pramuka dimana pun berada. Baik dilingkungan tempat tinggal, keluarga maupun sekolah. Sebab ini yang pertama kalinya di Kalimantan Barat, golongan siaga memperoleh penghargaan tanda pramuka garuda.
Sejumlah persyaratan harus dipenuhi. Seperti tanda kecakapan khusus, memiliki prestasi. Dan prestasi tak hanya di sekolah tapi juga di bidang lain, sehingga menjadi pertimbangan dalam proses seleksi untuk memperoleh penghargaan tanda pramuka garuda.
Apalagi penghargaan ini pencapaian pribadi yang juga diakui secara nasional. Penghargaan serupa juga ada di negara lain. Malaysia misalnya, penghargaan yang sama disebut Pengakap Raja dan di Amerika Setiap disebut Eagle Scout. (*)

Read Previous

Bupati Resmikan Mempawah Expo 2019

Read Next

Telkomsel Dukung 1.000 Startup Digital