Penutupan Pancur Aji Sanggau Diperpanjang

SANGGAU – Penutupan kawasan wisata alam Pancur Aji resmi diperpanjang Kamis (9/7) oleh Pemerintah Kabupaten Sanggau. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah kerumunan yang berpotensi menjadi tempat penularan Coronavirus Disease atau Covid-19.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengatakan perpanjangan penutupan sementara objek wisata dikarenakan Sanggau masih dalam zona orange Covid-19.

“Makanya objek wisata pancur aji ditunda untuk dibuka. Tapi tetap melakukan persiapan agar nanti penerapan protokol kesehatan dapat dilaksanakan,” ujarnya ketika meninjau lokasi wisata pancur aji.

“Mudah-mudahan Sanggau segera beralih dari zona orange ke zona hijau agar semua objek wisata kembali normal dan bisa kembali dibuka,” harap dia Kamis pagi.

Dikatakannya, Pemkab Sanggau sudah meninjau serta menyiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan di obyek wisata seperti alat pengukur suhu tubuh, tempat cuci tangan berikut sabun, dan penataan pedagang.

“Hal ini diperlukan untuk mewujudkan physical distancing dengan pengaturan para pengunjung dan upaya lain untuk mencegah penularan Covid-19 di lingkungan obyek wisata,” tegasnya.

Plt. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Porapar) Sanggau, Rizma Aminin mengatakan perpanjangan tersebut berlaku untuk obyek wisata milik pemerintah, swasta, maupun desa wisata.

“Kedepannya upaya kami dari Porapar akan meningkatkan sarana dan prasarana sebagai daya tarik masyarakat yang ingin berwisata ke pancur aji,” ujarnya.

Berbagai masukan, lajut dia, terutama dari Bupati Sanggau akan menjadikan bahan evaluasi kedepannya untuk meningkatkan kunjungan masyarakat ke objek wisata pancur aji.

“Selama proses penutupan obyek wisata tersebut, kepada perangkat daerah, pemerintah desa, pengelola obyek wisata agar melakukan langkah-langkah persiapan pembukaan kembali yang akan ditetapkan kemudian hari,” jelasnya. (sgg)

loading...