Perbanyak  Zakat, Infak dan Sedekah Saat Ramadan

Oleh : Uray M. Amin, ST. Ketua Baznas Provinsi Kalbar

Oleh : Uray M. Amin, ST.

Ketua Baznas Provinsi Kalbar

UMAT Islam akan memasuki bulan Ramadhan tahun 1442 H yang kemungkinan masih dalam situasi pandemi Covid-19. Selama masa pandemi ini banyak masyarakat menghadapi kesulitan ekonomi akibat terdampak wabah pandemi Covid-19. Semoga kondisi yang sudah kita jalani selama setahun lebih tidak membebani kita secara psikologis.

Hal ini kami kemukakan karena data hasil survei bahan kebutuhan pokok masyarakat oleh Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat di 20 pasar di kawasan Kota Pontianak dan Kubu Raya, khususnya beras dari tahun 2020 ke tahun 2021 tidak mengalami fluktuasi kenaikan yang signifikan bahkan relatif stabil. Kondisi itu tergambar dalam keputusan penetapan batas atas dan bawah harga beras tahun 2020 dan tahun 2021 untuk zakat fitrah yang tidak mengalami perubahan sama sekali.

Bila dilihat dari tingkat survivor, dapat dikatakan bahwa masyarakat khususnya kaum muslimin yang mayoritas, memiliki daya tahan cukup kuat dari dampak Covid-19. Dalam perolehan zakat pun, jumlah yang terserap di Baznas se-Kalbar di luar LAZ mengalami kenaikan

21% dari tahun 2019 ke 2020.

Sehubungan dengan itu, kami pimpinan Baznas Provinsi Kalimantan Barat periode 2020 – 2025 mengimbau kaum muslimin Kalimantan Barat untuk memperbanyak zakat mal/profesi, infak dan sedekah selama bulan Ramadan.

Hasil penghimpunan zakat, infak dan sedekah kaum muslimin, insyaallah kami akan maksimalkan sesuai delapan asnaf sebagai manaAllah SWT berfirman:

“Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah, dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana.”(QS. At-Taubah:60)

Pendistribusian dan pendayagunaannya juga akan diarahkan untuk pencegahan dan penanggulangan dampak wabah Covid-19. Hal ini selaras dengan spirit dari Alquran dan hadis,

Mengutip ayat Alquran dan hadis yang menyeru kaum muslimin untuk melaksanakan zakat, infak dan sedekah. Allah SWT berfirman: “Katakanlah, Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.” (QS. Saba : 39)

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 261)

Rasulullah adalah orang yang paling dermawan, dan kedermawanan itu semakin tampak pada bulan Ramadan ketika malaikat Jibril menemuinya (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Kami siap menjemput zakat dan sedekah kaum muslimin, dapat juga ditransfer dengan layanan zakat yang kami sediakan atau kunjungi kantor Baznas Provinsi Kalimantan Barat di lantai dasar Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!