Percepat Pengesahan Perda Pembentukan Desa Baru 

PARIPURNA : Rapat paripurna Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyampaikan jawaban bupati terhadap pandangan umum fraksi DPRD Kubu Raya mengenai pembahasan Raperda pembentukan lima desa di Kubu Raya

SUNGAI RAYA – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menegaskan pihaknya akan mendorong percepatan pengesahan Perda pembentukan lima desa baru di Kubu Raya.

Seperti diberitakan sebelumnya,Pembentukan lima desa yang diusulkan pihak eksekutif tersebut yaitu, Desa Suku Lanting, Desa Permata Jaya, Desa Remgas Kapuas, Desa Parit Keladi dan Desa Padi Jaya.

“Kami akan berlari kencang untuk menyelesaikan Perda pembentukan lima desa baru di Kubu Raya ini. Intinya berpoerses lebih cepat untuk tindakan nyata,” kata Muda Mahendrawan dengan nada singkat usai menghadiri rapat paripurna penyampaian Jawaban bupati terhadap pandangan umum fraksi DPRD Kubu Raya mengenai pembahasan Raperda pembentukan lima desa di Kubu Raya, Rabu (24/6) di Kantor DPRD Kubu Raya.

Bupati pertama Kubu Raya ini menerangkan usulan pembentukan lima desa baru tersebut merupakan salah satu kebutuhan masyarakat, di sisi lain lanjutnya dengan terbentuknya desa baru juga akan mendorong pemekaran kecamatan baru di Kubu Raya. “Tentu pembentukan desa baru ini juga memberikan dampak pada upaya pengurangan pengangguran di tingkat desa, upaya jangkauan pelayanan juga bisa lebih efektif sehingga bisa lebih luas dan lebih maksimal pelayanan yang didapat masyarakat,” ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Kubu Raya, Suharso menambahkan, pada dasarnya usulan Raperda pembentukan lima desa tersebut bukan merupakan hal baru. “Makanya kami dari DPRD sangat mendukung usulan Raperda ini,” ucap Suharso.

Sebelumnya lantaran karena adanya miskomunikasi dan kurangnya syarat secara administrasi pemerintahan membuat usulan Raperda yang sebelumnya sudah diajukan tersebut harus kembali dibahas. “Makanya kami mendorong ke pemerintah daerah untuk mengsulkan kembali Raperda terkait pembentukan lima desa baru ini. Dan Alhamdulillah, karena syarat dan ketentuannya sudah terpenuhi sehingga prosesnya tidak begitu lama dan saat ini sudah ada Pansus untuk bekerja sehingga diharapkan beberapa minggu kedepan Perda ini bisa disahkan,” ujarnya.

Politisi Partai Golkar ini menerangkan, sesuai dengan aturan yang ada pansus yang sudah dibentuk memang memiliki wewenang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diberikan.

“Karena sebelumnya juga sudah diusulkan dan ini merupakan permintaan pihak eksekutif maka tidak akan lama prosesnya. Semoga satu hingga dua minggu ke deoan sudah ada keputusan dengan hasil kerja pansus. Meski begitu jika memang dibutuhkan waktu lebih kami tetap memberikan kelonggaran. Tapi semoga kami berrharap, jika tidak terjadi hal yang bertentangan di lapangan, maka Perda ini bisa segera disahkan,” paoar Suharso. (ash)

loading...