Perhatikan Irigasi, Pupuk, Alat Pertanian dan Bibit

PANEN: Bupati Sambas Atbah RS ikut ke sawah memanen padi di Desa Bukit Segoler Tebas saat panen raya awal 2020. Istimewa

Melihat Panen Raya di Desa Bukit Segoler, Kecamatan Tebas

Pemkab Sambas janji tak akai mengabaikan sector pertanian. Program irigasi kemudian alat-alat pertanian, bantuan bibit serta kegiatan lainnya terus digulirkan. Masalah pupuk, misalnya, akan menjadi konsentrasi pemerintah agar gampang diperoleh. Pasar akibat rroduksi meningkat, juga dipersiapkan.

 

Fahrozy, Tebas

 

PEMERINTAH Kabupaten Sambas terus memperhatikan para petaninya dalam rangka meningkatan hasil pertaniannya. Hal tersebut juga dilaksanakan pemerintah provinsi hingga pusat dalam program-program bidang pertanian.

“Dukungan Pemerintah Kabupaten Sambas untuk peningkatan hasil pertanian dari para petani di Sambas,” kata Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH saat panen raya padi  2020 di Desa Bukit Segoler, Kecamatan Tebas, Kamis (13/2/20) yang juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, Danramil, Kapolsek, Camat Tebas, dan Kepala Desa Bukit Segoler.

Program-program untuk mendukung pertanian,diantaranya hadirnya irigasi kemudian alat-alat pertanian, bantuan bibit serta kegiatan lainnya.

“Begitu juga masalah pupuk, akan menjadi konsentrasi pemerintah agar para petani bisa mendapatkannya,” katanya.

Begitu juga masalah pasar hasil pertanian, juga menjadi perhatian pemerintah melalui dinas terkait. “Ketersediaan pasar untuk menjual hasil pertanian para petani  juga penting, pemerintah berupaya untuk menyiapkannya agar para petani bisa meningkatkan hasil tani dan pasar pun terbuka untuk bisa menjualnya,” katanya.

Dan berharap ada orientasi ekspor dimana Sambas bisa menjual hasil panen para petani ke Malaysia. Seluruh aparatur Kecamatan, Desa juga bersama-sama fokus dalam memperhatikan para petani dan upayakan pasar-pasar buat para petani semakin terbuka baik itu pasar daerah, luar daerah, maupun luar negeri sehingga apa yang di hasilkan oleh

para petani betul-betul berefek untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pertanian.

Saat panen raya, Bupati Sambas mengaku sangat gembira dengan hasil panen yang meningkat, dimana biasanya diantara 400 s/d 700 tapi sekarang sudah hampir 1 Ton per borong jadi ini sebuah peningkatan yang sangat luar biasa dan mudah-mudahan dengan penyuluhan, edukasi secara terus-menerus kepada masyarakat membuat hasilnya lebih

meningkat lagi.

Atbah juga berpesan para petani Desa Bukit Segoler khususnya, tetap selalu bersatu padu, kompak bersama-sama untuk meningkatkan hasil pertanian. Apresiasi disampaikan kepada para penyuluh desa, Camat dan Dinas Pertanian yang selalu mendukung kemajuan bidang pertanian.

“Dukungan semua pihak, akan membuat semangat petani menjadi luar biasa ini pertanda bahwa kedepannya produktivitas pertanian akan semakin meningkat dan dirasakan manfaatnya  kepada semua masyarakat yang ada,” katanya.(*)

loading...