Periksa Kelayakan Jalan dan Prokes

RAM CHECK:Aparat gabungan dalam Forum Lalu Lintas Kota Singkawang melakukan Ram Check di Terminal Singkawang | ISTIMEWA

SINGKAWANG-Aparat gabungan dalam Forum Lalu Lintas Kota Singkawang melakukan Ram Check di Terminal Pasiran Singkawang,  Rabu (29/7). Bahkan para supir angkutan umum diminta menjalani tes urin yang dilakukan BNN Kota Singkawang.

Ram Check terhadap kendaraan angkutan umum dan barang di Terminal Pasiran jelang Idul Adha.

“Ram Check ini melibatkan petugas dari Dishub, Satlantas Polres Singkawang, Jasa Raharja, Satpol PP, BNN dan pihak lainya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Singkawang, P Yudha Sasmita,  Rabu (29/7).

Kegiatan ini diawali dari Terminal Pasiran jurusan Singkawang – Pontianak.

Hasil dari Ram Check yang dilakukan jelasnya, tim LLAJ Singkawang akan penyampaikan ke supir dan pemilik kendaraan baik fisik,  unsur keselamatan hingga administrasi kendaraan.

“Untuk sementara kita memberikan persuasif dan edukasi, kita juga menyampaikan pelaksanaan protokol kesehatan mulai pemakaian masker hingga ketentuan jarak di kursi penumpang,” ujarnya.

Disamping itu, dia juga mengimbau kepada sopir untuk tidak membawa penumpang yang berlebihan. Termasuk angkutan umum tidak boleh membawa barang penumpang sampai ke atas kap mobil.

Menurutnya, hal tersebut sangat tidak dibenarkan, karena sangat mengancam keselamatan penumpang.

Untuk itu, Yudha berharap kepada supir kendaraan untuk bisa melaksanakan kewajibannya. “Seperti harus mentaati segala ketentuan dan kelemahan-kelemahan yang ditemukan sesuai pemeriksaan tadi harus segera diperbaiki dan dilengkapi. Jangan nanti sudah kejadian baru menyesal,” pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, KBO Satlantas Polres Singkawang, IPTU Jamian mengatakan, pihaknya menyampaikan terkait kepatuhan lalu lintas serta protokol kesehatan yang harus dilakukan para supir.  Selain itu terkait kelengkapan dan kelayakan,  pihaknya mengimbau para supir memperhatikannya. “Kita minta apa yang menjadi catatan kami segera dilengkapi karena tentunya akan berdampak pada keselamatan pengguna jalan dan penumpang. Karena keutamaan keselamatan di jalan lebih penting dari segalanya,” katanya. (har)

 

loading...