Peringatan HUT ke-74 TNI, Gelegarkan Semangat Kebangsaan

hut tni
HUT TNI: Pasukan TNI melakukan defile di hadapan Gubernur, Danlantamal, Pangdam, Danlanud, Kapolda, unsur Forkopimda saat peringatan HUT ke-74 TNI di Lapangan Sepakbola Makodam XII/Tanjungpura, Sabtu (5/10). HARYADI/PONTIANAK POST

Jajaran TNI Kodam XII/Tpr turut melaksanakan berbagai kegiatan guna merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI), kemarin (5/10). Bertempat di Lapangan Sepak Bola Makodam XII/Tpr, kegiatan diawali dengan upacara sebagai wujud peringatan hari jadi ke-74 TNI bertajuk TNI Profesional Kebanggaan Rakyat.

SIGIT ADRIYANTO, Pontianak

UPACARA Peringatan HUT ke-74 TNI tersebut dihadiri sejumlah tokoh masyarakat di Kalbar, seperti Gubernur Sutarmidji, Kapolda Irjen Pol Didi Haryono, Danlanud Marsma TNI Palito Sitorus, Danlantamal Laksma TNI Agus Hariadi, dan juga jajaran Forkopimda.

Setelah pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pertunjukan seni tari kolosal yang dilakukan oleh jajaran anggota Kodam XII/Tpr. Di samping itu juga dilanjutkan dengan parade defile (arakan barisan). Kemudian, seluruh peserta upacara mengadakan syukuran dengan pemotongan nasi tumpeng yang dilaksanakan di Aula Kodam XII/Tpr.

Tak hanya sampai disitu, Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyatakan berbagai agenda lain yang juga sudah mereka persiapkan. Agenda-agenda dimaksud telah dirancang mereka untuk kemudian dipertunjukkan kepada masyarakat. Berbagai pertunjukan yang mereka persiapkan tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat kebangsaan.

“Ini (semangat kebangsaan) sangat diperlukan, untuk mengingatkan kembali bahwa TNI sangat bangga dengan nila-nilai yang ada di dalam bangsa Indonesia. Terlebih mengingat Indonesia memiliki berbagai keberagaman yang terkandung didalamnya. Mulai dari adat, budaya, agama, seni, dan lainnnya yang dari semua keberagaman itu bisa bersatu hingga terciptalah negara ini,” jelas Pangdam saat diwawancarai.

Untuk itulah, dalam memperingati HUT ke-74 TNI ini, beberapa agenda juga sudah dipersiapkan jajarannya, yang tentunya berkaitan dengan kesejahteraan rakyat. Ia mencontohkan hal tersebut beriringan dengan beberapa pelaksanaan kegiatan untuk masyarakat, yang telah dilakukan oleh TNI di daerah-daerah yang ada di Kalbar.

Dimisalkan dia seperti penanaman nilai-nilai wawasan kebangsaan yang digelar di Singkawang belum lama. Kegiatan tersebut mereka wujudkan dalam bentuk parade, yang diikuti oleh anak-anak pelajar tingkat SMA yang disatukan dari 38 sekolah berbeda. Kemudian mereka juga menggelar kegiatan bakti sosial di daerah perbatasan, tepatnya di Entikong, Kabupaten Sanggau. Di sana mereka membangun dan merehab rumah tidak layak huni (RTLH). Selain itu, mereka juga bagi-bagi sembako, pengobatan massal, termasuk membantu rakyat yang kurang mampu. “Itu semua kita lakukan demi mewujudkan tujuan utama, yakni menumbuhkan semangat cinta tanah air, khususnya di bumi Kalbar ini,” timpalnya.

Selain itu mereka menggelar pameran alutsista, yang diadakan di lapangan Makodam XII/Tpr. Pameran tersebut akan berlangsung hingga 7 Oktober mendatang. Pameran ini sendiri merupakan wujud tanggung jawab mereka kepada masyarakat. Diharapkan dia melalui pameran ini nanti, masyarakat yang hadir bisa melihat berbagai atribut dan kapasitas yang dimiliki oleh TNI AD, TNI AL, dan TNI AU di Kalbar.

Ke depan, dia juga menyatakan komitmen dari jajaran Kodam XII/Tpr dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI sesuai dengan tugas pokok TNI. “Yang tentunya dalam menjaga keutuhan, khususnya di Kalbar, kita harus menyatukan setiap komponen masyarakat yang kita ketahui di Kalbar ini memiliki komponen masyarakat yang serba beragam,” tutupnya. (*)

loading...