Peringatan Kemerdekaan RI di Lingkup BKKBN Kalbar

SDM Unggul Ciptakan ASN Handal

PONTIANAK-Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat, Kusmana mengatakan momen kemerdekaan Republik Indonesia mesti dimaknai dengan berkarya, berinovasi dan bekerja keras, sesuai dengan tema kemerdekaan tahun ini, SDM Unggul Indonesia Maju. Demikian dikatakan usai memimpin upacara HUT 74 Kemerdekaan RI, Sabtu pagi di halaman kantor BKKBN Kalbar.

“Tema tersebut mengandung makna bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan unggul akan ikut mendukung kemajuan Indonesia. Oleh karenanya Pembangunan Sumber Daya Manusia merupakan kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan,” kata Kusmana.

Sebagai warga Negara Indonesia dituntut untuk terus berusaha meningkatkan kemampuan dan kualitas diri demi membangun bangsa dan Negara, sesuai dengan profesi yang melekat pada diri masing-masing sebagai warga negara, sehingga dengan sumber daya manusia unggul, maka Indonesia akan semakin maju dan dikenal bangsa-bangsa di dunia dengan kualitas SDM yang mumpuni dan mampu bersaing.

Sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dalam kehidupan sosial, seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) harus berani berusaha meningkatkan kemampuan diri (skill) dalam rangka melayani masyarakat dengan penuh pengabdian, kejujuran, kesadaran, dan tanggung jawab.

Jangan hanya berpuas diri dengan kemampuan yang ada, tetapi terus belajar dan melatih kemampuan untuk meningkatkan kualitas diri.
Sumber Daya Manusia Indonesia harus unggul sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0.

Kemajuan industri yang berjalan di Indonesia tidak cukup hanya dengan pendanaan infrastruktur, akan tetapi harus didukung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia tak terkecuali bagi ASN sebagai motor penggerak birokrasi. “Pengembangan kompetensi ASN adalah jawaban untuk menyiapkan ASN yang berkompeten,” katanya.

Pengembangan kompetensi ASN juga bergantung pada kerja sama dan semangat yang kuat dari pegawai bersangkutan. Semangat dan keseriusan pegawai untuk selalu berkembang ke arah lebih baik, tidak hanya nyaman dengan kemampuan yang dimiliki saat ini, apalagi jika kompetensi dimiliki masih belum sesuai dengan jabatan yang diduduki.

Pegawai berperan penting mulai tahap perencanaan hingga pelaksanaan. Bahkan tidak berlebihan jika pegawai merupakan aktor utama dalam pengembangan kompetensi ASN. Momen era RI 4.0 seharusnya menjadi pemicu bagi ASN mengembangkan kompetensinya agar bisa “survive” di tengah era baru ini. Oleh karena itu, momen ini merupakan momen tepat bagi semua pihak untuk berbenah diri menyiapkan ASN yang kompeten dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, karena birokrasi yang kompeten adalah salah satu kunci agar pemerintahan bisa beradaptasi.(iza)

Read Previous

Lindungi Peternak Lele dan Udang

Read Next

Merdeka Dari Gelap ?

Tinggalkan Balasan

Most Popular