Peringati HUT RI ke-74, Ratusan Regu Pelajar Ikut Lomba Gerak Jalan di Mempawah

ANTUSIAS PESERTA: Bupati, Hj Erlina didampingi Wakil Bupati Muhammad Pagi melepas peserta gerak jalan. ISTIMEWA

MEMPAWAH – Memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74, Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar) menggelar lomba gerak jalan tingkat pelajar tahun 2019. Diikuti 103 regu, gerak jalan dilepas Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH, Rabu (14/8) pagi di Halaman Gedung PGRI Mempawah.

103 regu pelajar yang berpartisipasi dalam lomba gerak jalan itu terdiri dari 51 regu putra-putri SD, 27 regu putra-putri SMP dan 25 regu putra-putri SMA se-Kabupaten Mempawah. Setiap regu terdiri dari 17 siswa. Untuk SD, jarak tempuhnya 5 kilometer, sedangkan SMP sejauh 7 kilometer dan SMA/SMK 9 kilometer. Para peserta berjalan kaki mengelilingi Kota Mempawah.

Dalam sambutannya, Erlina menyebut, lomba gerak jalan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan semangat patriotisme bagi para pelajar di Kabupaten Mempawah. Sehingga, para pelajar akan tumbuh menjadi generasi yang memiliki semangat nasionalisme dan cinta tanah air.

“Jiwa patriotisme sangat penting bagi pertumbuhan generasi muda. Supaya para generasi ini dapat meneladi para pahlawan yang telah membuktikan patriotismenya dengan mengorbakan harta, benda bahkan nyawa untuk merebut kemerdekaan bangsa,” sebut Erlina.

Berkat pengorbanan para pahlawan, imbuh Erlina, bangsa Indonesia dapat merebut kekuasaan dari penjajah dan mempertahankan kedaulatannya. Maka, para generasi muda ditugaskan untuk meneruskan estafet kepemimpinan dalam mengisi pembangunan di negeri ini.

“Melalui lomba gerak jalan ini, mari tumbuhkan semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan  serta rasa nasionalisme untuk menuju Kabupaten Mempawah yang maju dengan ilmu,” harapnya.
Dalam kesempatan itu tak lupa Bupati berpesan kepada para peserta lomba gerak jalan agar senantiasa menjaga ketertiban saat melewati rute yang telah ditetapkan panitia. Jaga keselamatan dengan selalu mematuhi tata tertib yang telah ditentukan dalam lomba.

“Mudah-mudahan melalui momentum HUT RI ke-74 ini, semakin menumbuhkan semangat patriotisme dan cinta tanah air dalam diri pelajar di Kabupaten Mempawah. Sehingga kalian akan tumbuh menjadi generasi bangsa yang cerdas dan berkualitas,” ucap Erlina.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Gerak Jalan Pelajar Kabupaten Mempawah mengatakan, kegiatan yang dilaksanakannya dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat olahraga dikalangan masyarakat.

“Kami ingin memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat khususnya para pelajar SD, SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Mempawah. Mudah-mudahan seluruh agenda kegiatan berjalan dengan baik dan lancar sebagaimana diharapkan,” singkatnya. (wah)

Read Previous

Bandara Hongkong Tetap Menghitam

Read Next

Pontianak Creative Night Carnival 2019

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *