Perintahkan Ukur Pencemaran Udara

PANTAU: Bupati Sintang memantau lokasi pengecekan udara didampingi oleh instansi terkait, kemarin.FIRDAUS DARKATNI/PONTIANAK POST

Tiga Hari Berturut-Turut di Sintang Tidak Sehat

SINTANG-Bupati Sintang, Jarot Winarno menanggapi terkait dengan cuaca yang terus tampak pekat dan berkabut sejak tiga hari yang lalu, menurut orang nomor satu di Sintang ini ia sudah memerintahkan instansi terkait untuk mengukur index standar pencemaran udara.

“Saya sudah perintahkan untuk mengukur kualitas udara yang ada di Sintang, kita pantau terus sembari melakukan atensi,” ungkap Jarot pada Pontianak Post, Senin (9/9).

Menurutnya tiga hari berturut-turut kualitas udara di Kabupaten Sintang masuk kedalam kategori tidak sehat. Dari dapat yang dia terima dari Dinas Lingkungan Hidup Sintang, angkanya sudah menunjukan kategori tidak sehat.

“Tiga hari berturut-turut data yang saya dapat kualitas udara kita berada di posisi 212, 196, 201 dan hari ini berada di angka 209 dan masuk kategori tidak sehat,” ucapnya.

Itu sebab, Pemkab Sintang sudah mengeluarkan surat bernomorkan 420/3393/DISDIKBUD 2019 ini berisikan hal libur dampak dari kabut asap. Tentunya surat edaran yang ditandatangani oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno ini berangkat dari hasil pemeriksaan standar pencemaran udara yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Sintang.

Hasilnya menunjukan kategori yang tidak sehat dan diprediksi udara selama dua hari kedepan tidak menunjukan perbaikan. Itu sebab, mulai hari ini (9/9) sampai dengan besok, sekolah dari PAUD, TK, SD dan SMP se Kabupaten Sintang diliburkan.

“Ketinggalan pelajaran bisa dikejar, kalau sakit bagaimana, itu perlu kita perhatikan,” tambahnya.

Ia juga menghimbau untuk masyarakat jangan terlalu banyak beraktivitas diluar ruangan. Karena bisa berdampak pada penyakit ISPA dikarenakan kondisi cuaca tidak sehat. Terutama kelompok yang rentan dengan asap, misalnya penderita ASMA, riwayat penyakit jantung dan paru-paru.

“Kita akan bekerja lagi untuk kembali membuat cuaca sehat, pemadaman kita ekstrakan lagi,” tutupnya. (fds)

Read Previous

Asap Selimuti Kota Sanggau

Read Next

Pembinaan Atlet Bulu Tangkis Harus Berlanjut

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *