Perkara Biaya Kencan

Semua orang tahu bahwa hubungan cinta perlu modal. Yap, modal sudah mulai mengucur jauh sebelum hubungan itu dimulai. Namanya juga udah sayang, pengorbanan jadi hal yang lumrah. Well, yang jadi pertanyaan sekarang adalah apakah biaya kencan selalu menjadi tanggung jawab cowok?

Diskusikan Isi Dompet

Bagi Nicholas Brenedicus, perkara bayar membayar saat kencan itu bisa didiskusikan dengan pasangan. Nggak melulu cowok yang harus keluar uang, cewek pun kalau memang ingin mentraktir nggak jadi masalah. Saat si cowok sedang krisis moneter tapi pengin ketemu pacar, masa iya nggak jadi ketemu karena nggak ada uang?

“Cuman kebanyakan cowok gengsi dan si cewek juga berpegang teguh pada budaya cowok harus bayar,” ujar Nicho.

Cowok kelahiran 20 April 2003 ini tidak memungkiri kalau sebagai cowok Nicho lebih sering keluar biaya. Sekali nge-date bisa sekitar 100-300ribu tergantung tujuannya, ini pun berdasarkan hasil diskusi dengan pacar.

Kencan Pertama Pria Wajib Bayar

Aditya Kurniawan setuju PDKT seringkali jadi ajang pertunjukan yang heboh. Maklumlah namanya juga masa promosi. So, cowok yang ngendon di Paris ini selalu mempersiapkan segala hal termasuk biaya kencan.

“Kesan pertama itu penting, jangan karena perkara uang 100ribu jadi kehilangan gebetan, padahal doi uda mulai ngasi lampu hijau. Cowok harus berani berkorban dikit lah,” ungkap pelajar SMAN 6 Pontianak ini.

Nah, kalau sudah tahap pacaran baru deh setiap kencan bisa saling mengisi. Misalnya saat Adit bayar nonton biasanya sang pacar akan bayar makanannya. Uh…cocuwit!

Makin Intim Makin Seimbang

Memang iya umumnya cowok yang harus mengeluarkan uang saat nge-date. Seiring berjalannya waktu hal tersebut mulai berubah. Cewek sudah tak sungkan berkorban uang demi menikmati momen indah bersama pacar. Seperti yang kerap dilakukan Meira Anantha.

“Kalau udah nikah mungkin benar cowok yang bertanggung jawab. Lain cerita dengan masih pacaran mah nggak ada keharusan jadi aku lebih sering ganti-gantian,” cuap pelajar SMAN 8 Pontianak ini. Di awal pacaran Meira mengaku pacarnya lebih sering membayar namun semakin lama hubungan semakin saling mengerti kondisi satu sama lain. “Lagian biasanya kita jarang jajan lebih dari 50ribu, kecuali lagi pengin nonton atau hang out di mall,” tambah Meira.

Kencan itu bisa diatur sesuai kemampuan. Intinya komunikasikan dengan pasangan. Jangan sampai biaya kencan menjadi beban sepihak. (dee)

error: Content is protected !!