Perkenalkan Wisata Susur

Robian Aulia / Runner Up 1 Putra Pariwisata Nusantara Indonesia Tahun 2019
Robian Aulia / Runner Up 1 Putra Pariwisata Nusantara Indonesia Tahun 2019

Sektor wisata begitu menarik bagi Robian Aulia. Dia memanfaatkan canggihnya teknologi dengan memperkenalkan wisata Kota Pontianak melalui media sosial. Membuat konten mengenai lokasi wisata, kuliner, hingga pusat oleh-oleh di Kota Pontianak. Perjuangannya mempelajari seluk-beluk wisata ini pun mengantarkannya menjadi Runner Up 1 Putra Pariwisata Nusantara Indonesia Tahun 2019.

Oleh: Ghea Lidyaza Safitri

Semua bermula dari Bujang Dare Pontianak 2016. Ketika itu Robian hanya lolos menjadi finalis. Kendati demikian, dia tak patah semangat dan mulai mempelajari semua hal tentang pariwisata Kota Pontianak.

Pada 2018, berhasil meraih gelar Bujang Pontianak 2018. Keberhasilan ini membuatnya makin cinta dan semangat untuk mempromosikan wisata Kota Pontianak. Bersama rekan lainnya, pria kelahiran Pontianak, 16 Mei 1999 ini membuat program kerja.  Turut aktif melakukan kegiatan sosial seperti perayaan hari besar nasional, berkunjung dan memberikan bantuan ke panti jompo dan panti asuhan, serta berkontribusi dalam penyelenggaraan kegiatan yang diadakan dinas terkait dan sanggar di Pontianak.

“Saya dan rekan juga sering mengadakan kerjasama dan berkolaborasi dengan duta lain di Pontianak untuk memperkenalkan pariwisata dan budaya Kota Pontianak,” ujarnya.

Selain menjalankan program kerja bersama rekan Bujang Dare Pontianak 2018, putra bungsu pasangan Hasanudin dan Alm. Latifah ini memperkenalkan pariwisata di kota Pontianak dan mendorong daya tarik masyarakat dengan metode media sosial. Dia membuat konten yang terkait dengan pariwisata Kota Pontianak, baik, mengenai lokasi wisata, kuliner, ataupun pusat oleh-oleh.

Tahun 2019, Robian diikutsertakan dalam ajang pemilihan Putra Pariwisata Nusantara Kalimantan Barat Tahun 2019 mewakili Kota Pontianak. Ketika itu Robian memilih mempromosikan wisata susur Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia.

Menurut mahasiswa Fakultas Hukum Untan ini, wisata susur Sungai Kapuas cukup digemari oleh masyarakat. Wisata ini juga mencakup destinasi pariwisata lain yang ada di Pontianak, seperti Masjid Jami’, Istana Kadriah , Waterfront, Taman Alun Kapuas, Tugu Khatulistiwa dan lainnya. Perjalanan semakin menyenangkan dengan menggunakan Kapal Bandung.

“Di kapal ini, pengunjung dapat menikmati kuliner khas Pontianak, yaitu ikan asam pedas maupun makanan lainnya yang dapat dinikmati sembari melihat pemandangan sungai Kapuas,” tutur Robian.

Dia pun berhasil terpilih menjadi Putra Pariwisata Nusantara Kalimantan Barat Tahun 2019 dan mulai melakukan persiapan. Diantaranya menambah pengetahuan tentang pariwisata di Kalbar, public speaking, maupun catwalk untuk bersaing di ajang lomba tingkat nasional.

Robian pun memutuskan menggunakan pakaian bernuansa motif atau corak insang khas Pontianak dan Kalbar. Best Night Costume Putra Pariwisata Nusantara Indonesia 2019 ini bangga membawakan wisata daerah asalnya, Pontianak. Dia memaparkan tentang Tugu Khatulistiwa. Seluruh usahanya membuahkan hasil.

“Alhamdulillah saya berhasil meraih Runner Up 1 Putra Pariwisata Nusantara Indonesia Tahun 2019,” katanya.

Kedepannya Robian terus berupaya memajukan pariwisata khususnya di Kalbar. Berawal dari diri sendiri untuk memperkenalkan potensi yang ada. Baru setelah itu bekerja sama dengan masyarakat sekitar, terutama masyarakat di dekat objek wisata agar menyadari potensi wisata di daerahnya. “Karena akan terasa sulit mengembangkan dan mempromosikan suatu destinasi, jika penduduk belum mengerti dan sadar akan wisata,” ungkap Robian.

Robian yang aktif di berbagai komunitas, seperti Forketas, Sayang Pontianak dan Sayang Kubu Raya ini juga ingin membuat even bertaraf nasional di Kalbar. Menurutnya, kegiatan atau event yang mengikutsertakan pemerintah pusat akan lebih membuat Kalbar terpandang di mata nasional. “Namun, semua itu tidak terlepas dari kerjasama seluruh komponen masyarakat nantinya,” pungkasnya. **

 

error: Content is protected !!