Perketat Tiga Lokasi Pintu Masuk Kota Singkawang

PERIKSA: Para petugas gabungan melakukan pemeriksaan kepada setiap warga yang masuk ke Kota Singkawang. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

SINGKAWANG—Dalam rangka mengantisipasi arus mudik serta dalam upaya pencegahan covid-19, di Kota Singkawang akan diberlakukan pemeriksaan tiga lokasi pintu masuk Kota Singkawang. Cek point dilaksanakan mulai tanggal 16 sampai dengan 23 Mei 2020.

“Tiga lokasi tersebut yaitu simpang Vit Singkawang Utara, Pasir Panjang Singkawang Selatan dan Jalan Raya Singkawang-Bengkayang Singkawang Timur,” kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie saat memberikan keterangan pers, Sabtu (16/5).

Tjhai Chui Mie menyebutkan untuk operasional pelaksanaan, di tiga lokasi tersebut akan ditempatkan personil gabungan terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD dan tenaga medis. “Tugasnya melakukan pemeriksaan kepada pengguna jalan raya atau transportasi yang melintas masuk ke wilayah Kota Singkawang,” katanya.

Setiap orang yang masuk ke Singkawang, kata Tjhai Chui Mie, akan diperiksa suhu badan atau thermo scan. Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan suhu badan lebih dari 37,5 derajat celcius maka akan dilakukan pemeriksaan rapid test.

“Jika hasil rapid test reaktif dan yang bersangkutan warga Singkawang maka diarahkan untuk dikarantina terpusat. Sementara yang bukan warga Singkawang, namun rapid test reaktif maka diminta untuk kembali ke daerahnya,” jelasnya.

Ia mengatakan lokasi karantina terpusat sudah siap untuk digunakan dan untuk operasionalnya akan ditempatkan personil gabungan, mulai dari tenaga medis, TNI, Polri, Satpol PP dab BPBD yang bertugas mengawasi warga yang menjalani karantina selama 24 jam.

“Semoga dengan segala usaha dan kegiatan yang dilaksanakan ini, kita bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Singkawang,” harapnya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan penanganan covid-19. “Mari bergandengan tangan bersama-sama kita lawan covid-19. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Sementara itu,  Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Singkawang menggelar Operasi Ketupat 2020, kegiatan dilakukan setiap tahun menjelang hari raya Idul Fitri. Namun operasi tahun ini agak berbeda karena di tengah pandemik corona.

Dalam operasi ini akan dilakukan pemeriksaan kepada masyarakat yang masuk dan keluar Kota Singkawang serta memastikan pengendara menerapkan protokol maklumat kapolri dan anjuran pemerintah, sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran wabah pandemic virus corona (Covid-19).

Kapolres Singkawang AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo melalui Kasat Lantas Polres Singkawang AKP Syaiful Bahri mengatakan, kegiatan dilakukan bersama Dinas Perhubungan (Dishub) kota Singkawang, TNI, Satuan Brimob Singkawang, Dinas Kesehatan Kota Singkawang, pemeriksaan dilakukan untuk mengecek suhu tubuh dengan alat thermal scaning oleh pihak Dinas Kesehatan yang diterapakan kepada semua orang yang masuk dan keluar dari Kota Singkawang.

“Pemeriksaan dilakukan kepada pengendara dan yang ikut dalam kendaraan tersebut, baik roda dua atau lebih, akan kita cek, apabila ada pengendara dengan suhu tubuh 38 derajat ke atas, maka kami akan lakukan pemeriksaan lebih lanjut dan berikutnya didata,” ujarnya.

Kasatlantas juga menyampaikan kepada pengendara yang masuk dan keluar Kota Singkawang bisa melewati pos depan dan cek point. “Kepada semua pengendara ataupun yang ikut pada kendaraan itu, untuk mengikuti maklumat Kapolri dan anjuran pemerintah menggunakan masker pada saat kita beraktivitas dan interaksi di luar rumah dengan demikian kita sudah mencegah penyebaran dan penularan wabah pandemi virus covid-19,” ujar Kasatlantas AKP. Syaiful Bahri.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat di wilayah hukum Polres Singkawang untuk tidak melakukan mudik lebaran atau pulang kampung saat menjelang dan pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah. “Lindungi diri, orang tua dan keluarga di kampung, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” imbaunya. (har)

Read Previous

Satu Anggota Satpol PP Singkawang Reaktif

Read Next

Tuntas Kawal Pendistribusian Beras