Perkuat Kehidupan dan Nilai Budaya Islami

PUNCAK: Bupati Sanggau didampingi sejumlah pejabat Forkompimda Sanggau menghadiri acara puncak Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah di Halaman Masjid Jami Sultan Ayub Kantu.SUGENG/PONTIANAKPOST

SANGGAU – Tempat bersejarah seperti Masjid Jami Sultan Ayub, di mana nilai kebudayaan orang Melayu dan kehidupan Islami harus tetap diperkuat sehingga mampu menjadi ikon sekaligus kekuatan dalam kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Sanggau.

Demikian pernyataan Bupati Sanggau, Paolus Hadi saat menghadiri acara puncak Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah di Halaman Masjid Jami Sultan Ayub, Kota Sanggau, Minggu (1/9) malam. Kehadiran orang nomor satu di Sanggau tersebut sekaligus sebagai ajang silaturahmi.

Ketua panitia, Ade Harun menyampaikan melalui kerjasama dengan Pengurus Masjid Jami Sultan Ayub dan pengurus Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sanggau, sehingga kegiatan menyemarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah dapat berjalan dengan lancar.

“Perlu kami sampaikan bahwa ada beberapa agenda perlombaan dalam menyemarakkan Tahun Baru Islam, diantaranya lomba qasidah, MTQ untuk cabang tartil, MTQ cabang tahfidz, lomba mewarnai dan hadrah,” ungkapnya.
Ketua Umum PHBI Sanggau, Hadi Sudibjo menyampaikan bahwa rasa syukur karena semua unsur dapat bersama-sama hadir pada acara puncak dalam menyemarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah.

“Pagi tadi kita sudah menggelar pawai takruf, yang diikuti kurang lebih 5000 orang. Dengan demikian artinya di setiap tahunnya sudah semakin meningkat, khususnya umat Islam yang ada di Kabupaten Sanggau dalam menyemarakkan Tahun Baru Islam ini,” katanya.

“Mudah-mudahan peringatan Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah dengan tema Maknai hidup dengan semangat hijrah, maka hijrah yang dimaksud agar perilaku, tingkah laku dan ibadah kita bisa lebih baik lagi. Sehingga dengan melalui semangat hijrah tersebut mudah-mudahan bisa mendukung yang menjadi visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sanggau yang tertuang dalam seven brand images, yakni berbudaya dan beriman,” jelasnya.

Kepala Kantor Kemenag Sanggau, M.Taufik menyampaikan berkumpulnya di halaman Masjid Jami Sultan Ayub ini dalam rangka berpartisipasi dan memeriahkan acara puncak peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah.

“Kita hadir disini untuk mengingatkan kepada kita bahwa peringatan Tahun Baru Islam merupakan agenda besar yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya,” tegasnya.

Bupati Sanggau merasa senang dapat hadir di acara tersebut. “Saya senang bisa hadir disini, sehingga bisa bertemu (tatap muka) dengan bapak dan ibu. Acara ini bisa terselenggara karena Bapak dan Ibu ingin memperkuat keimanannya, serta budaya yang harus terus dilakukan bersama-sama,” katanya.

Kabupaten Sanggau, terutama di lingkungan Masjid Jami Sultan Ayub Kantu ini yang secara mayoritasnya adalah beragama Islam terlihat khas bernuansa keimanan. “Semoga apa yang menjadi evaluasi diri sendiri pada Tahun Baru Islam 1441 H ini menjadi bagian penting untuk saudara-saudara untuk memperkuatkan keimanannya,” harapnya. (sgg)

Read Previous

Nelayan Tuntut Ganti Rugi

Read Next

Bimbing Santri Al Fatah Berwirausaha

Tinggalkan Balasan

Most Popular