Perkuat Solidaritas dan SIlaturahmi melalui Momentum Idul Adha

SUNGAI RAYA – Ratusan Jemaah dari kalangan Aparatur Sipil Negara dan masyarakat sekitar kantor bupati Kubu Raya, Jumat (31/7) tampak khusyuk mengikuti salat IdulAdha yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya.

Salat IdulAdha yang pimpin Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII)Kalimantan Barat, Ustaz Makful Shafwan ini juga dihadiri Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, Sekretaris Daerah Kubu Raya, Yusran Anizam.

Usai mengikuti salat IdulAdha, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengajak untuk menjadikan Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah sebagai momentum memperkokoh solidaritas. Kata Muda, kondisi pandemi Covid-19 harusnya bisa menjadi pemicu semangat untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

“Iduladha di tengah pandemi Covid-19 ini harus bisa emakin mengobarkan semangat kita, bahwa spirit hari raya Iduladha ini semakin mengokohkan kesadaran bahwa kita harus jauh lebih peka, peduli, dan punya solidaritas kemanusiaan yang lebih baik lagi. Dan itu adalah ujian bagi kita,” ucap Muda.

Menurutnya pandemi Covid-19 merupakan salah satu ujian. Yakni ujian untuk mengikuti laku teladan dari Nabi Ibrahim khususnya di tengah kondisi sulit saat ini akibat pandemi.

Menurutnya, generasi umat diuji untuk tetap mampu memberikan kebahagiaan tidak saja kepada diri sendiri, tapi juga kepada orang lain.

“Keteladanan di situ adalah nilai-nilai yang patut dijadikan sebagai contoh. Sebagaimana juga Pemerintah Kabupaten Kubu Raya juga mendaratkan visi bahagia dan religiusnya itu untuk kemaslahatan umat. Kebahagiaan bukan saja bagi diri sendiri tapi juga bagi orang banyak, generasi umat, dan tentu dunia-akhirat kita,” jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo juga mengajak untuk menjadikan peringatan Iduladha sebagai momentum meningkatkan empati terhadap sesama. Mulai dari lingkup terkecil hingga skala yang besar.

“Pada momentum ini saya mengajak semua lapisan masyarakat untuk terus peka dan meningkatkan solidaritas serta jiwa sosialnya terhadap sesama dan lingkungan kita hingga skala yang lebih besar lagi di kabupaten,” ungkapnya. (ash)

error: Content is protected !!