Permudah Layanan Publik dengan  PTSP

KANTOR PELAYANAN: Bupati Kubu Raya, Muda Mehandrawan didampingi Bupati Kubu Raya, Sujiwo dan sejumlah pihak lainnya meresmikan PTSP di Kantor Kemenag Kubu Raya. IST-PROKOPIM KUBU RAYA

SUNGAI RAYA — Upaya mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakat terus diupayakan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kubu Raya. Untuk kian memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan publik tersebut, Kamis (6/8) Kemenag Kubu Raya meluncurkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Dengan hadirnya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) ini, diharapkan kian memudahkan masyarakat dalam mengakses atau mendapat semua pelayanan publik dari Kemenag Kubu Raya dalam waktu yang lebih singkat,” kata Kepala Kemenag Kubu Raya, Nahruji Sudiman usai menghadiri peresmian pelayanan PTSP Kemenag Kubu Raya.

Nahruji meyakini dengan adanya pelayanan dengan sistem PTPS, masyarakat tidak perlu khawatir dengan pelayanan yang berbelit-belit. Karena kata dia, cukup di dalam satu ruangan saja, masing-masing orang bisa menyampaikan urusan atau permohonan pelayanan yang diajukan di Kantor Kemenag Kubu Raya, dan pelayanan publik yang diusulkan itu bisa segera diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat.

“Misalnya saja yang sebelumnya dalam memberikan rekomendasi bisa satu hingga dua hari. Namun melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini, pelayanan yang diberikan akan lebih cepat. Bisa saja 10 hingga 30 menit pelayanannya bisa terselesaikan,” ungkapnya.

Dia mencontohkan, pelayanan terkait masalah Binmas Islam atau KUA. Melalui PTSP  kata dia, masyarakat cukup mendatangi satu ruangan saja dan akan disambungkan ke bagian Binmas Islam atau KUA melalui sistem daring. “Namun dengan catatan, masyarakat yan akan mendapatkan pelayanan itu harus membawa semua persyaratan lengkap yang telah ditentukan sesuai dengan pengajuan pelayanan yang diinginkan,” ungkapnya.

Dikesempatan sama kata Nahruji, pihaknya juga membuat wacana bersama Bupati Kubu Raya untuk mensinergikan pelayanan yang ada di Kemenag dengan pelayanan publik lainnya yang ada di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Lingkungan Pemerintah Kubu Raya.

Untuk kerjasama yang diwacanakan dengan Pemerintah Kubu Raya itu, bukan hanya berlaku di internal Kementerian Agama saja. Namun ada juga kemungkinan nantinya pelayanan akan disambungkan ke setiap SKPD di Lingkungan Pemerintah Kubu Raya.

“Misalnya yang berkaitan dengan masalah Dukcapil, pendataan dan pelayanan publik lainnya. jadi pelayanan tersebut  cukup mengerjakannya di sini saja, dan pelayanan dapat tersambungkan semua dan bisa diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat,” ungkapnya.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengapresiasi upaya Kantor Kemenag Kubu Raya untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dengan meluncurkan PTSP. “Dengan adanya PTSP ini tentu masyarakat tidak perlu repot-repot lagi, cukup mendatangi satu tempat maka pelayanan publik yang diinginkan di Kantor Kemenag ini bisa didapatkan dengan mudah dalam waktu yang cepat,” ungkapnya.

Muda pun mengaku telah mewacanakan untuk mensinergikan pelayanan yang ada di Kemenag dengan pelayanan publik lainnya yang ada di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Lingkungan Pemerintah Kubu Raya. “Intinya kami berharap dengan mensinergikan pelayanan yang ada akan membuat masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan publik tentunya dalam waktu yang lebih singkat,” pungkasnya. (ash)

loading...