Persiapan Naik Kelas, Pelajar Bisa Ikut Bimbel Online Gratis

ILUSTRASI: Sejumlah anak belajar dari rumah di Kampung Mangkubumen, Kartasura, Senin (23/03). JPC

JAKARTA – Saat ini proses pembelajaran umumnya sedang libur kenaikan kelas atau kelulusan bagi siswa tingkat akhir. Dijadwalankan mulai pertengahan Juli nanti, tahun pelajaran baru sudah dimulai kembali. Namun hampir dipastikan tetap digelar secara online atau belajar dari rumah masing-masing. Sebab pandemi Covid-19 di Indonesia belum hilang.

Direktur Bimbingan Belajar Ocean Education Sudarman mengatakan para pelajar harus mulai beradaptasi, di antaranya dengan pembelajaran online. Menurutnya, di masa transisi atau new normal saat ini, pembelajarn online masih tetap diperlukan. Mengingat sekolah dengan sistem tatap muka masih belum diberlakukan. Diperkirakan kondisi ini berlangung hingga Desember 2020 nanti.

Sudarman menuturkan sampai sekolah kembali dibuka, pembelajaran online masih menjadi pilihan utama. Dia berpesan untuk para pelajar, khususnya tingkat SMP dan SMA agar jangan menyerah. ’’Apalagi sampai bersedih dan berhenti belajar,’’ jelas Sudarman, Sabtu (13/6).

Menurutnya pelajar harus tetap semangat dan terus berlajar serta berprestasi. Meskipun proses pembelajaran dilakukan secara online. Sudarman mengatakan bimbingan belajar Ocean Education menggagas program persiapan belajar sebelum masuk sekolah. Program yang dijadwalkan berlangsung selama dua pekan ini gratis alias free.

’’Program ini dalam rangka membantu siswa mengisi waktu setelah ujian akhir,’’ jelasnya. Selain itu juga persiapan memasuki jenjang kelas baru di masa pandemi.

Program gratis tersebut bertajuk Free Preparation Class Online. Sudarman menuturkan kegiatan ini dilakukan secara online penuh. Dengan sistem ini, bisa membantu siswa dalam pengenalan pembelajaran online. Kemudian juga pengenalan tools, aplikasi, serta cara berinteraksi dalam pembelajaran online. Sehingga siswa bisa lebih terbiasa dan mahir dalam belajar.

Selain itu program cuma-cuma ini memberi bekal kepada siswa mengenai pelajar di jenjang kelas yang baru. Misalnya siswa kelas VII SMP yang akan naik ke kelas VIII SMP. Begitupun pelajar dari kelas X SMA yang akan naik ke kelas XI SMA. ’’Ada juga program yang memberikan tips dan trik dalam menyelesaikan soal,’’ kata Sudarman.

Dia menjelaskan program ini terbuka untuk umum. Rencananya program bimbel gratis itu dilaksanakan mulai 22 Juni sampai 4 Juli. Siswa mendapatkan materi pelajaran beragam. Untuk jenjang SMP mata pelajaran seperti matematika, fisika, biologi, dan bahasa Inggris. Kemudian untuk jenjang SMA mata pelajaran yang tersaji adalah matematika, fisika, biologi, kimia, dan bahasa Inggris.

Proses bimbel dilaksanakan melalui aplikasi Zoom. Sudarman berharap pelajar yang mengikuti program ini mampu beradaptasi dengan metode pembelajaran online sehingga siswa tidak terhambat dalam proses kegiatan belajar dan mengajar. Pendaftaran dibuka mulai 6 Juni sampai 19 Juni.(jpc)

error: Content is protected !!