Kafilah Kalbar Masuk Peringkat 9 Nasional

Kafilah Kalbar dalam MTQ Nasional ke 28 di Padang meraih prestasi terbaik dalam perolehan medali. Baru kali ini Kalimantan Barat masuk sembilan besar dengan meraih dua juara 1, satu juara tiga dan empat juara harapan. Prestasi tersebut diraih dengan tidak mudah. Kerja keras emua pihak yang terlibat.

Naiknya peringkat Kalbar ini setelah diumumkan panitia  sesuai Pedoman MTQ/STQ, dimungkinkan juara/ranking bersama bagi provinsi yangg memperoleh nilai yang sama.  Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur memperoleh nilai yang sama yaitu 49. Sehingga keduanya sama-sama menduduki ranking III.  Sehingga Provinsi Kalimantan Barat yang semula peringkat 10 naik menjadi peringkat 9. Sedangkan Jawa Tengah naik dari ranking 11 menjadi ranking 10.

Hary Agung Tjahyadi, Kepala Biro Kesra Provinsi Kalbar mengatakan ini merupakan upaya maksimal dari sinergisitas peserta, pelatih, pengurus LPTQ dan Pemerintah Daerah. Persiapan yang dilakukan tidak hanya jelang MTQN tetapi telah dilakukan sejak tingkat Kabupaten. Pelatihan terus dilakukan meski dalam keterbatasan covid-19.

“Peserta juga menunjukkan keseriusan dalam berlatih,” jelasnya yang mengucapkan selamat kepada peserta.

Kemenangan ini sekaligus meningkatkan prestasi Kalbar, berada di posisi 9 besar pada ajang yang berlangsung tiap dua tahun sekali ini. Dalam even ini, tuan rumah Sumatera Barat jadi juara umum.

Hary mengatakan ini menjadi bahan evaluasi ke depannya agar bisa berdaya saing dengan provinsi lain, terutama di cabang lomba yang belum memperoleh kemenangan.

“Ini menjadi bahan evaluasi kita. Melihat kemampuan dari peserta antar provinsi dari penampilan-penampilan para juara dari kategori yang kita tidak memperolehnya, maka ini menjadi tantangan untuk meningkatkan kemampuan di tahun ke depan,” ulasnya.

Namun dia bersyukur, kondisi kafilah baik fisik maupun psikis dalam keadaan sehat hingga berakhirnya MTQ Tingkat Nasional ini, meskipun ajang ini berlangsung di masa pandemi. “Alhamdulillah semua sehat baik fisik maupun psikis . Ini yang kita jaga. Ini hasil maksimal yang kita upayakan dan ini kehendak Allah,” katanya.

Andi Musa, Ketua Umum LPTQ Kalbar bersyukur atas prestasi yang diraih Kafilah Kalbar. “Syukur Alhamdulillah Kafilah Kalbar masuk 10 besar pada urutan ke 9 pada MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020 di Padang Sumbar,” jelasnya.

Tiga piala kemenangan ini, kata dia merupakan hasil kerja keras peserta, pelatih dan pengurus LPTQ Kalbar. Terutama dukungan dari Pemerintah daerah dan masyarakat Kalbar. Tak luput pula kerja keras peserta lainnya yang sudah masuk di juara harapan 1,2 dan 3.

“Alhamdulillah tiga utusan Kalbar bisa masuk ke final dan telah diketahui posisi juaranya. Kami berterima kasih atas dukungan dari masyarakat, sehingga qori- qoriah Kalbar yang bertarung di MTQ kali ini bisa maksimal bahkan ada yang menjadi juara,” ulasnya.

Kalbar mengirim utusan sebanyak tujuh dari total delapan cabang lomba. Jumlah peserta sebanyak 45 orang. MTQN ini menjadi bahan evaluasi bagi Pengurus LPTQ Kalbar periode 2019-2024. Ke depannya, kata dia akan dilakukan penguatan dan pembinaan untuk menemukan generasi muda yang berpotensi juara di ajang MTQ ini. Terutama dalam persiapan menuju STQ ke 26 tingkat Nasional di Maluku Utara, tahun 2021 dan MTQ N ke 29 di Kalsel, tahun 2022.

“Tentu ini jadi bahan evaluasi kami, agar ke depannya prestasi Kalbar terus meningkat dan mampu mengembalikan kejayaan Kalbar di masa lalu sebagai gudangnya qori-qoriah,” pungkasnya.

Kaharudin, Kepala Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Kalbar turut berbangga dengan prestasi yang diraih para peserta.

“Alhamdulillah. Semoga menjadi penyemangat kita semua untuk terus berikhtiar dalam meningkatkan prestasi pada tahun-tahun yang akan datang,” pungkasnya. (Marsita)

Peringkat 10 Besar MTQ Nasional ke 28

  1. Sumbar. (Peringkat 1)
  2. DKI Jakarta (Peringkat 2)
  3. Jawa Timur (Peringkat 3)
  4. Jawa Barat (Peringkat 3)
  5. Kepulauan Riau (Peringkat 4)
  6. Sumetera Utara (Peringkat 5)
  7. Banten (Peringkat 6)
  8. Riau (Peringkat 7)
  9. Nusa Tenggara Barat (Peringkat 8)
  10. Kalimantan Barat (Peringkat 9)
  11. Jawa Tengah (Peringkat 10)
error: Content is protected !!