Pertamina Dukung Listrik Desa dengan Penyediaan Stok Solar

PONTIANAK– Keberadaan listrik desa di Kecamatan Boyan, sangat membantu masyarakat. Pertamina, melalui SPBU Boyan, mendukung program listrik desa melalui penyediaan bahan bakar solar.

Hal tersebut diungkapkan Faisal, pengelola SPBU Boyan. “Salah satu yang kami layani adalah suplai solar untuk listrik desa,” kata Faisal, Kamis, 19 Maret 2021, saat dikunjungi tim Jurnalis Ekspedisi Borneo yang mengeksplorasi wilayah Heart of Borneo. Kegiatan ini juga didukung oleh Pertamina Wilayah Kalimantan.

Menurut Faisal, sejumlah desa yang belum teraliri listrik mengandalkan listrik desa untuk penerangan. “Kita support mereka. Jadi mereka bisa membeli solar dengan jeriken. Tapi dilengkapi dokumen atau surat dari Camat dan Kepala Desa,” terangnya.

Dia menambahkan, selain solar, SPBU tersebut juga menyediakan pertalite dan dex. “Kalau premium kami memang tidak dapat jatah. Ke depan kami sedang mengajukan gas elpiji,” ungkapnya.

Sementara itu, Wardoyo, Humas SPBU Kalis, mengaku pihaknya kini sedang mendorong para pengguna perahu motor atau speedboat agar mau beralih ke pertalite. “Kami memang dapat pasokan premium. Banyak di antara para pengguna perahu motor dan speedboat yang membeli. Sekarang kami sedang mengajak mereka agar mau beralih ke pertalite,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini masyarakat masih enggan menggunakan pertalite karena muncul pemikiran bahwa pertalite bisa merusak mesin perahu mereka. “Warna pertalite ini kan sudah biru, jadi mereka pikir itu sudah dicampur oli. Makanya kami pesankan, kalau mau pakai pertalite, ya harus diisi oli lagi. Dan itu kami edukasi terus ke masyarakat,” imbuhnya. (mdy)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!