Pertukaran Yang Bikin Mellow Berjamaah

Keylor Navas

Keylor Navas

MADRID,– Kapten Real Madrid Sergio Ramos menuliskan pesan perpisahan yang sentimentil kemarin (3/9) di akun Instagram-nya. Ramos menyiratkan kekecewaan untuk ‘pertukaran’ penjaga gawang Keylor Navas dengan kiper Paris Saint-Germain (PSG) Alphonse Areola.

“Semoga beruntung #KeylorNavas, meski kamu tak membutuhkan hal itu. Ide-idemu, kerja kerasmu, dan kualitas individumu menunjukkan kapasitasmu kemanapun kamu pergi. Kami akan merindukanmu, bro,” demikian takarir Ramos dalam foto yang diunggahnya bersama Navas.

Akun media sosial pemain Real menjadi mellow berjamaah gara pertukaran Navas-Areola di detik-detik penutupan bursa transfer. Gelandang Toni Kroos kemudian pemain terbaik dunia 2018 Luka Modric juga mengirimkan pesan yang isinya kurang lebih sama.

Posisi Navas sejak kedatangan Thibaut Courtois musim lalu memang tak aman. Turbulensi Real Madrid sepeninggal Zinedine Zidane di akhir musim 2017-2018 membuat posisi kiper timnas Kosta Rika itu juga tak aman.

Setelah Zidane memegang kendali tim lagi usai Julen Lopetegui dan Santiago Solari ditendang, Navas kembali jadi andalan. Namun memasuki musim 2019-2020 dari tiga jornada, maka Courtois selalu jadi kiper utama.

Karir lama tahun Navas bersama Real diisi dengan kegemilangan. Total ada sebelas trofi yang disumbangkan Navas. Menurut Transfermarkt Navas diikat PSG dengan kontrak EUR 15 juta (Rp 235,23 miliar) untuk empat tahun. Sedangkan Areola statusnya dipinjamkan semusim.

Nah, pertukaran yang terjadi di ujung waktu penutupan bursa transfer adalah penyerang Eintracht Frankfurt Ante Rebic dengan AC Milan Andre Silva. Rebic dipinjamkan semusim dengan opsi pembelian di musim berikutnya sebesar EUR 30 juta (Rp 472,47 miliar).

“Perpindahan ke tanah Italia adalah keinginan yang diucapkannya kepada kami. Selain mimpi bermain di Serie A lagi dia (Rebic, red.) menyatakan butuh tantangan baru,” tutur Direktur Olahraga Frankfurt Fredi Bobic kepada Deutsche Welle (DW). Sebelum gabung Milan, Rebic bergabung dengan Fiorentina dan Hellas Verona.

Dengan kepindahan Rebic, maka trisula Frankfurt musim lalu pun sudah laku semua. Luka Jovic yang pertama pindah ke Real Madrid dengan banderol EUR 60 juta (Rp 944,94 miliar). Disusul Sebastien Haller ke West Ham seharga EUR 40 juta (Rp 629,96 miliar).

Menurut Bobic, mendapatkan ganti Silva dari Milan juga merupakan pengganti yang sepadan. Sebagai pemain nomor sembilan klasik, Silva diyakini cocok dengan kebutuhan der trainer Adi Huettler. (dra)

Read Previous

Bersikap Posesif pada Anak

Read Next

DPD RI Siap Bantu Kalbar Perjuangkan Kapuas Raya

Tinggalkan Balasan

Most Popular