Perwakilan Dagang Federasi Rusia Jajaki Kerjasama

KENANG-KENANGAN: Wakil Bupati Mempawah H Muhammad Pagi saat memberikan cinderamata.Istimewa

MEMPAWAH – Pemerintah Kabupaten Mempawah menerima kedatangan Perwakilan Dagang Federasi Rusia untuk Indonesia, Senin (5/4) di Aula Kantor Bupati Mempawah. Kedatangan rombongan pengusaha dari Rusia itu diterima Wakil Bupati, H Muhammad Pagi beserta jajarannya. Wakil Bupati Mempawah didampingi Sekda, Asisten, Staf Ahli, Perwakilan PT Pelindo dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah. Sementara itu, Perwakilan Dagang Federasi Rusia untuk Indonesia, Sergei Rossomakhov bersama penerjemah bahasa, Maria Mitsura.

“Kunjungan ini merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Mempawah. Karena itu, kami ucapkan selamat datang di Kota Mempawah,” ucap Muhammad Pagi dalam sambutannya. Wabup menyebut, kedatangan Perwakilan Dagang Federasi Rusia tersebut untuk menggali informasi berkenaan dengan peluang kerjasama dibidang infrastruktur, pembangunan smart city, energi, industri pertambangan, perkebunan, perikanan dan pariwisata. “Saat ini, Kabupaten Mempawah telah memiliki pelabuhan internasional yang pembangunannya telah dimulai sejak 2018 lalu. Pembangunan ini menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 14 triliun dan nantinya akan menjadi pelabuhan modern di Kalimantan,” tegas Muhammad Pagi.

Karena itu, Wabup mengatakan, Pemerintah Kabupaten Mempawah telah mempersiapkan sejumlah potensi alam yang dapat mendukung kelancaran operasional Pelabuhan Internasional Kijing di masa mendatang. “Bidang infrastruktur, butuh pengembangan jalan tol. Kemudian, kami juga mempersiapkan pembangunan smart city guna meningkatkan pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Kemudian, sambung Wabup, kendala dibidang energi masih  terbatasnya sumber energi. Sebab, masih menggunakan bahan bakar minyak. Sedangkan bidang pertambangan, tersedia potensi bauksit, kaolin, pasir kuasa dan gambut. “Berkaitan bidang perkebunan, terdapat produk unggulan seperti kelapa sawit, kelapa dalam dan karet. Bidang perikanan, kita ada perikanan tangkap budidaya air payau dan perikanan budidaya. Serta bidang pariwisata terdapat Pulau Temajo,” bebernya.

Sementara itu, Sergei Rossomakhov mengucapkan terima kasih atas sambutan dan jamuan makan siang dari Pemerintah Kabupaten Mempawah. Dia memperkenalkan diri sebagai Perwakilan Perdagangan Kedutaan Federasi Rusia di Jakarta bagian ekonomi yang bergerak khusus mengembangkan kerjasama perdagangan dan investasi. “Tujuan dan tugas utama kami mengunjungi provinsi Kalbar untuk mempelajari peluang kerjasama di bidang perdagangan. Barang  apa saja yang bisa menawarkan barang yang bisa di ekspor dari Kalbar ke luar negeri. Sebaliknya, produk impor apa saja yang  bisa kami bantu untuk melengkapi wilayah Kalbar,” terangnya.

Tak hanya itu, sambung dia, Sergei Rossomakhov juga menjajaki peluang kerjasama dibidang investasi untuk mencarikan proyek peluang kerjasama yang dapat dibiayai oleh pihak Rusia. “Secara keseluruhan mengembangkan bidang infrastruktur khususnya transportasi pembangunan pelabuhan, jalan dan sumber daya mineral serta energi. Untuk sektor energi, ada energi baru terbarukan yang bisa dikembangkan potensinya di Kalbar khusus untuk pembangkit listrik tenaga air,” katanya.

Disamping itu, dia juga menyoroti potensi kerjasama bdang pertambangan. Sebab, dia memandang Kalbar sangat kaya dengan sumber daya mineral dan alam, baik itu logam atau non logam, alumunium, bauksit dan lainnya. “Salah satu sektor yang sangat perspektif yakni ITE khusus dalam rangka pengembangan smart city, lingkungan kondusif yang pintar serta keamanan internet. Salah satu sektor sangat handal kerjasama pariwisata di Kalbar. Bisa aktif mempromosikan pariwisata dalam negeri maupun mancanegara,” pungkasnya.(wah)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!