Peserta Diminta Jadi Agen Zero Stunting di Simpang Dua

SIMPANG DUA-Camat Simpang Dua, Kabupaten Ketapang, Gerego meminta para peserta sosialisasi materi dan media KIE PRO PN dalam rangka penurunan stunting dapat menyerap sebanyak-banyaknya Informasi yang diberikan langsung oleh Kepala BKKBN Kalimantan Barat.

“Salah satu faktor penyebab stunting terjadi karena faktor manusianya. Karena mereka tidak bisa menerapkan pola hidup sehat sesuai standar,” kata Camat Simpang Dua, Kabupaten Ketapang Gerego saat kegiatan sosialisasi materi dan media KIE PRO PN dalam rangka penurunan stunting di aula kantor Camat Simpang Dua, Jumat (1/11).

Di Kecamatan Simpang Dua, ada 12 temuan stunting. Namun setelah ditangani kini tinggal 6. Mudah-mudahan di 2020 ini bisa bebas stunting.

Disadari dia, temuan stunting berasal dari warga tidak mampu. Dalam intervensi, pihaknya sudah menjalankan beberapa program. Seperti pemberian asupan makan bergisiy pada warga yang terkena stunting.

Persoalan asupan gizi dia tuturkan, menjadi penting. Konsumsinya dimulai sejak usia seribu hari kehidupan. Dimasa itu lanjut dia, calon ibu mesti melihat asupan gizi yang diberikan pada calon bayi yang akan dilahirkan. Kemudian, setelah melahirkan ASI harus diberikan ibu menyusui hingga dua tahun.

Dengan adanya materi sosialisasi tentang pencegahan stunting oleh Kepala BKKBN Kalbar, Gerego minta pesertanya untuk memahami semua informasi yang disampaikan.

Setelah semua informasi ini didapat, diharap bisa diterapkan dimulai dari diri sendiri kemudian disampaikan kepada warga di Kecamatan Simpang Dua. Apa yang dilakukan ini menjadi upaya penanganan zero stunting di Kecamatan Simpang Dua Kabupaten Ketapang. “Saya harap kader-kader ini dapat membina masyarakat untuk menularkan pola hidup sehat,” ungkapnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Barat, Kusmana meminta agar dalam perencanaan anggaran Kecamatan, dirinya minta camat mengkhususkan anggaran buat penanganan stunting. Dengan demikian ketika terdapat temuan stunting di tempatnya, maka penanganan stunting bisa dilakukan cepat.(iza)

loading...