Pesona Temajuk Sukses Digelar

temajuk

ISTIMEWA: Rangkaian agenda puncak Pesona Temajuk 2019. Minggu pagi, senam Germas di bibir Pantai Temajuk.

Tingkatkan Derajat Kesehatan, Melalui Destinasi SDA

SAMBAS – Pemerintah Kabupaten Sambas melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan menggelar Pesona Temajuk 2019, mengusung tema Bersama kita tingkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui Destinasi sumber daya alam bidang kesehatan “Pesona Temajuk” tahun 2019, pada 5-6 Oktober 2019, di Pantai Temajuk.

Kegiatan pembukaan dilaksanakan Sabtu (5/10) yang diisi dengan ramah tamah. Dalam sesi seremonial pembukaan, tampak hadir HM Ibrahim MM mewakili Bupati Sambas memberikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan Pesona Temajuk 2019, hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Sambas, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Kabid Pelayanan Kesehatan dr Fery safariadi, beberapa Kepala OPD Kabupaten Sambas, Kepala BPJS Cabang Singkawang, Camat Paloh, ketua TP PKK Kecamatan beserta rombongan se Kabupaten Sambas, pimpinan instansi vertikal di Kecamatan Paloh beserta para undangan.

Kabid Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Samsul Arifin SKM MM mengatakan Pesona Temajuk 2019 ini merupakan yang keempat kalinya, sejak dilaksanakan mulai 2016 yang lalu. “Dinas Kesehatan berupaya mengambil peran memajukan sektor wisata di bidang kesehatan. Dengan dilaksanakannya even Pesona Temajuk yang fokus mengangkat tema pelayanan Kesehatan, diharapkan mampu mengenalkan potensi wisata alam Temajuk ini pada wisatawan domestik dan luar negeri,” kata Samsul.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dr Fery Safariadi dalam sambutannya mengusulkan kepada pejabat eksekutif dan legislatif di Kabupaten Sambas, agar bersama memikirkan, di lokasi wisata seperti di Temajuk ini dibangun Puskesmas Pariwisata, sehingga program wisata terbangun dan program kesehatan terdukung.

Kadis Kesehatan Kabupaten Sambas H Fatah Maryunani menyampaikan, bahwa Pesona Temajuk telah dilaksanakan sebanyak empat kali berturut-turut dan sukses, kedepannya akan mengajak OPD lain untuk terlibat supaya lebih meriah lagi. “Ada keinginan dari kita, agar pada even mendatang bisa melibatkan OPD terkait lainnya, misal Dinas Pariwisata, Dinas Perkim-LH, Dinas Kumindag dan lainnya.

Kita sinergiskan program kesehatan dengan OPD lainnya, sehingga gebyar wisata Pesona Temajuk semakin luas dan membumi, disitu ada isu kesehatan, penataan lingkung, penunjang objek wisata, dan lain sebagainya,”ungkap Fatah. Menyambung agenda pada malam sebelumnya, pada pagi Minggu (6/10) dilanjutkan dengan kegiatan out bound, senam germas dan makan buah massal, bakti sosial pelayanan kesehatan periksa darah dan pengobatan gratis dan sunatan massal gratis. Bukan hanya itu saja, suasana akrab dan Kemeriahan acara semakin terasa ketika panitia memanjakan pengunjung dan peserta dengan lomba asuhan mandiri kesehatan tradisional melalui pemanfaatan TOGA dan Akupresur yang dirangkai melalui lomba olahan produk TOGA, lomba akupresur, dan lomba kreasi masakan bubur ambok melibatkan 15 peserta dari Puskesmas di Kabupaten Sambas.

Selanjutnya kegiatan dibuat informatif dengan melakukan sosialisasi Perda tentang obat dan makanan, dan diakhiri dengan pembagian hadiah.(fah)

Read Previous

Ulang Tahun ke-6, Ai Xin Undang Pontianak Post

Read Next

Pembangunan Ulang Pendopo Bupati

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *