Meski di Lahan Sewa
Petani Muda Semangat Kembangkan Pertanian

PETANI MUDA: Sejumlah petani muda di Kecamatan Jawai Selatan tak putus semangat mengembangkan pertanian, terutama tanaman pangan, seperti padi.

SAMBAS – Meski di lahan sewa, sejumlah petani muda di Kecamatan Jawai Selatan tak putus semangat mengembangkan pertanian, terutama tanaman pangan, seperti padi dengan benih lokal.

Dia adalah Eki Hardiansyah, petani muda dari Kecamatan Jawai Selatan ini bersama dengan rekannya tergerak untuk membangun sektor pertanian di daerahnya. Salah satunya dengan mengolah lahan untuk tanaman pangan seperti padi dan juga sayur-sayuran.

Hal itu pun dilakukan dengan keterbatasan yang ada, terutama lahan. Mereka memberanikan diri untuk menyewa lahan milik warga lain. “Lahan yang kami garap bukan milik pribadi, melainkan punya orang yang kami sewa per tahunnya,” kata Eki.

Lahan yang disewanya, ditanami padi, dengan jenis padi lokal rampai dengan masa tanam sekitar empat bulan. “Sekarang, kami menanam  jenis padi yang hasil berasnya pulen dan bagus, ini baru pertama saya menanam padi jenis lokal rampai, insyaallah targetnya dalam luasan 1 borong mencapai 1.2 ton, jika hitungan per hektarenya bisa mencapai 7-8 Ton,” kata Eki yang juga Koordinator Gegertani Kecamatan Jawai Selatan.

Sekretaris Gegertani Kabupaten Sambas Juliadi mengapresiasi anggotanya yang saat ini sangat jeli melihat peluang, yakni dimasa pandemi Covid-19 mengembangkan sektor pertanian.

“Ini menjadi bukti para kaum muda untuk mengembangkan sektor pertanian, sehingga dengan pengolahan yang maksimal didukung dengan alat mesin pertanian, sistem pembinaan dan pendampingan yang baik, insyaallah akan mendapatkan hasil yang baik,” kata Juliadi.

Diharapkan, kedepannya semakin banyak petani-petani muda bermunculan di Kabupaten Sambas. Hal ini dalam rangka mendukung majunya pertanian di Kabupaten Sambas dalam mendukung program ketahanan pangan. (fah)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!