PKB Minta RUU HIP Jadi RUU PIP Dibahas Usai Pandemi Covid

JAKARTA – Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daniel Johan merespon usulan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), untuk mengembalikan nama RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang merupakan inisiatif DPR menjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP).

Melihat hal itu, Politisi dari daerah pemilihan Kalimantan Barat (Kalbar) ini menilai usulan pembahasan RUU itu sebaiknya dilakukan setelah pandemi Corona berakhir.

“Termasuk pembahasan namanya, nanti saja setelah masalah COVID berakhir,” kata Daniel Johan dalam keterangan tertulisnya (29/6/2020).

Menurut Daniel, semua sumber daya sebaiknya difokuskan menghadapi pandemi Corona. Pembahasan RUU HIP menurutnya bisa dilakukan setelah pandemi agar perhatian tak terpecah.

“Sementara energi difokuskan mengatasi pandemi COVID dulu saja, apalagi dampak sosial dan ekonominya sangat dalam untuk masyarakat, butuh energi yang besar memulihkannya. Nanti setelah benar-benar pulih, baru kita bahas RUU ini agar konsentrasi tidak pecah dan bisa dihasilkan UU yang baik,” ujar Daniel.

“Lagian Pancasila kan memang sudah kita sepakati sebagai dasar dari sumber hukum dan penyuluh hidup kebangsaan kita, baik secara de jure maupun de facto selama ini,” imbunya kembali.**