PKB Non PNS Bakal Dapat Honor Dari Pemerintah

PONTIANAK-Pemberian honor bagi Penyuluh KB non Pegawai Negeri Sipil bakal direalisasikan. Hal tersebut disampaikan Anggota Koimisi IX DPR RI Kalimantan Barat, Alifudin saat melakukan kunjungan kerja di Kelurahan Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat, Kalbar, kemarin.

“Tenaga Penyuluh KB ke depan akan mendapatkan honor. Hasil ini didapat usai pertemuan dengan kepala BKKBN pusat, Pak Hasto,” ungkap Alifudin.

Pemberian honor buat PKB non PNS bakal diberikan usai Kepala BKKBN menyetujui permintaan semua fraksi yang ada di Komisi IX DPR RI.

Pertimbangan pemberian honor bagi PKB non PNS dengan melihat perjuangan kawan-kawan PKB di lapangan. Sehingga sudah seharusnya mendapatkan perhatian.

Kesepakatan telah diketuk. Rencana pemberlakuan bakal dijalankan di 2021. Bahkan ia bakal mendorong penyuluh KB ini menjadi PNS.

Di tempat sama, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat, Tenny Calvenny Soriton menyambut baik kabar tersebut.

Kabar pemberian honor tenaga PKB Non PNS menjadi angin segar bagi BKKBN Kalbar. Pada tenaga PKB sendiri tentunya akan lebih semangat ketika bekerja di lapangan.

Tenny juga memberikan masukan kepada Anggota Komisi IX DPR RI agar ke depan bisa menambah tenaga penyuluh KB. Dengan demikian pekerjaan PKB di Kalbar bisa semakin maksimal. “Kalau saat ini jumlah PKB sekitar 200 an orang. Belum bisa dikatakan ideal apalagi buat mencakup seluruh wilayah Kalbar,” ungkapnya.

Jika dilihat perbandingan rasionya, lanjut dia lebih dalam satu tenaga PKB dibanding tujuh desa hingga delapan desa. Padahal idealnya satu tenaga PKB dibanding dua atau tiga desa. Dengan jumlah 200 an tenaga PKB dengan total dua ribuan desa menjadi tugas berat kawan-kawan PKB dalam menjalankan tugasnya.(iza)