PLN Berharap Pasokan Listrik Tetap Aman

Jakson

MEMPAWAH– Menyambut bulan suci ramadhan 1442 H, PLN Cabang Mempawah melaksanakan berbagai persiapan dan kesiapan. Salah satunya memantapkan gelar peralatan dan pasukan. Dengan persiapan yang matang, PLN Mempawah memastikan tidak terjadi byarpet selama bulan suci umat Islam itu. “Kami pastikan pelayanan listrik aman selama bulan ramadhan. Terkecuali jika ada faktor alam di luar dari batas kemampuan manusia. Yang pasti untuk pemadaman terencana tidak ada. Bahkan, spot-spot vital sudah diantisipasi agar tidak terjadi pemadaman,” tegas Manager PLN Mempawah, Jakson kepada wartawan diruang kerjanya, pekan lalu.

Dalam menghadapi ramadhan nanti, Jakson menyebut pihaknya telah melaksanakan gelar peralatan dan pasukan. Tujuannya, untuk memaksimalkan pelayanan dan penanganan jika sewaktu-waktu terjadi gangguan listrik. “Persiapan titik pengamanan seperti rumah ibadah, titik keramaian dan lokasi strategis lainnya sudah dimatangkan baik dari sisi petugas maupun peralatan. Bahkan, untuk petugas piket digandakan jumlahnya agar bisa memberikan pelayanan maksimal dilapangan,” ungkapnya.

Bahkan, sambung Jakson, PLN Mempawah telah mempersiapkan Tim Pekerja Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). Sehingga ketika terjadi gangguan listrik maka PDKB bisa melakukan perbaikan tanpa harus melakukan pemadaman listrik. “Kita sudah melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang berpotensi terjadi gangguan dan sudah diantisipasi sejak dini,” tuturnya.

Untuk lokasi prioritas, imbuh dia seperti lingkungan tempat ibadah, pemerintahan dan lainnya juga diantisipasi semaksimal mungkin. Sebab, diri tidak menginginkan gangguan listrik yang kerap terjadi di saat masyarakat sedang berbuka puasa atau ibadah malam hari terulang kembali.  “Ketika masyarakat hendak buka puasa atau mau shalat terawih tiba-tiba listrik padam, hal itu tidak boleh terjadi lagi. Maka sejak sekarang sudah kita antisipasi sesuai SOP yang berlaku,” tegasnya lagi.

Beberapa hari menjelang ramadhan, Jakson menyebut pihaknya akan melaksanakan kegiatan pemeliharaan jaringan. Tujuannya untuk meminimalisir potensi gangguan yang mungkin saja terjadi di masyarakat. Pihaknya akan memprioritaskan titik-titik potensi gangguan di wilayah PLN Mempawah. “Secara proporsional semuanya lingkungan menjadi skala prioritas. Melalui upaya ini, kami berharap masyarakat pelanggan listrik yang melaksanakan ibadah di bulan ramadan bisa berjalan lancar tanpa adanya gangguan pemadaman listrik,” harap dia.

Terakhir, Jakson mengatakan PLN Mempawah siap memberikan pelayanan non stop 24 jam. Sebab, PLN telah menyediakan aplikasi PLN Mobile yang dapat digunakan masyarakat untuk menyampaikan laporan terkait gangguan atau permasalahan listrik dilingkungannya. “Banyak fitur pelayanan yang dapat dimanfaatkan masyarakat pelanggan listrik melalui aplikasi PLN Mobile. Pelanggan tidak perlu datang ke kantor atau menelpon petugas, cukup sampaikan aduan melalui PLN Mobile maka laporan atau pengaduan bisa langsung terdeteksi,” pungkasnya. (wah)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!