Polda Kalbar Gelar Operasi Ketupat Lebih Awal

PONTIANAK- Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menggelar operasi Ketupat Kapuas 2020. Operasi Ketupat Kapuas ini tidak seperti tahun sebelumnya, dimana biasanya operasi ini digelar menjelang Idul fitri, namun sekarang dimulai lebih awal.

“Karena situasi dan kondisi serta menunjang kebijakan pemerintah, maka Operasi Ketupat Kapuas yang biasanya rutin diselenggarakan setiap tahun dalam rangka pengmanan hari raya Idulfitri, maka sekarang dipercepat,” kata Direktur Lalu Lintas Kombes Pol Asep Akbar, kemarin.

Setidaknya ada sebanyak 807 personel yang terlibat dari tingkat Polda hingga Polres Jajaran dan akan berlangsung selama 37 hari, dari puasa hingga lebaran.

Dikatakan Asep, operasi ini akan berfokus kepada beberapa hal, pertama mengenai larangan mudik, memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan menciptakan situasi kondusif selama lebaran.

Menurut Asep, akan ada lokasi check point untuk pemeriksaan, lokasi ditentukan oleh Polres masing-masing menyesuaikan daerah.

Ia menyebutkan, petugas akan melakukan imbauan dilarang mudik, pemeriksaan penumpang kendaraan dalam penggunaan masker, protokol physical distancing dalam berkendara dan pembatasan kepentingan mobilitas masyarakat.

“Sasarannya memastikan masyarakat menggunakan masker dan jagak jarak. Untuk kendaraan, harus berjarak antar penumpang. Nanti di periksaa sama petugas” tegasnya. (arf)

error: Content is protected !!