Polda Kaltim dan GAPKI Gandeng Telkom
Antisipasi Karhutla Melalui Aplikasi Asap Digital (sub)

LAYANAN TERBAIK: Direktur Enterprise Business Telkom Edi Witjara (Kanan) berbincang dengan pelanggan terkait kebutuhan dan harapan kedepannya untuk layanan Telkom di Balikpapan, Rabu (28/4).

BALIKPAPAN – Dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di berbagai wilayah di Indonesia,  PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengembangkan platform digital monitoring pencegahan kebakaran hutan dan lahan yakni aplikasi Asap Digital, yang implementasinya berkolaborasi dengan POLRI.

Untuk mencegah terjadinya karhutla di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Telkom Witel Balikpapan bersama Gabungan Perusahaan Kelapa Sawit (GAPKI) Kalimantan Timur, Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia Komisariat Daerah Kalimantan Timur (APHI Komda Kaltim) dan Polda Kaltim melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman kerja sama layanan Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Karhutla Secara Digital (ASAP Digital). Penandatanganan ini disaksikan oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara dan Kapolda Kalimantan Timur, Irjen. Pol Herry Rudolf Nahak di Balikpapan (27/4).

Dalam sambutannya Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara mengatakan, aplikasi Asap Digital ini merupakan wujud dukungan Telkom dalam mendukung upaya pemerintah untuk mencegah dan menimalisir karhutla yang merugikan masyarakat, melalui optimalisasi ICT.

Aplikasi ini dilengkapi dengan CCTV, konektivitas serta aplikasi dan dashboard monitoring, yang berfungsi untuk memantau terjadinya kebakaran dan mendeteksi titik panas penyebab kebakaran. Selain Kaltim, wilayah lain yang diimplementasikan aplikasi Asap Digital ini beberapa diantaranya adalah Sumut, Jambi, Riau, Aceh, Kalbar, hingga Papua beserta provinsi lainnya.

Penandatanganan kerjasama terkait layanan Asap Digital merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan Kunjungan Kerja Direksi TelkomGroup Siaga RAFI 2021 di wilayah Telkom Regional 6 Kalimantan. Dalam rangka memastikan kualitas layanan terbaik ke pelanggan terutama di saat Ramadan dan Idul Fitri 1442H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali mengadakan rangkaian kegiatan tahunan yang dikemas dalam program TelkomGroup Siaga RAFI (Ramadan Idul Fitri) 2021 dengan tema “Tetap Terhubung dan Terlindung” yang mulai dilaksanakan sejak awal Ramadan hingga beberapa hari setelah Idul Fitri.

Kegiatan TelkomGroup Siaga RAFI 2021 ini diselenggarakan secara nasional hingga seluruh Telkom Regional yang terdiri dari tiga program utama, antara lain layanan prima, paket Khusus dan Telkom berbagi.

Edi yang didampingi Executive Vice President Telkom Regional 6, Riyanto Utomo, melakukan peninjauan infrastruktur di Regional Operating Center dan Witel Operating Center. Pada kegiatan tersebut dilakukan pemaparan materi terkait aktivitas yang dilaksanakan di lokasi tersebut. Edi menyampaikan apresiasi dan pesan semangat kepada seluruh karyawan dalam mengamankan dan memastikan kualitas layanan TelkomGroup, khususnya di bulan Ramadan dan menyambut Idul Fitri.

Selanjutnya Edi dan rombongan berkunjung ke GraPARI TelkomGroup dan berinteraksi dengan pelanggan untuk memperoleh voice of customer guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan. Edi juga memberikan bingkisan kepada pelanggan serta petugas. Ia mengingatkan petugas dan karyawan yang beraktivitas untuk tetap menjaga kesehatan serta menjalankan protokol kesehatan dikarenakan situasi pandemi yang masih berlangsung.

Dalam sambutannya, Edi memberikan semangat kepada karyawan yang bertugas di posko layanan. “Era digitalisasi saat ini harus disikapi tidak cukup hanya dengan membuat aplikasi digital saja, namun kita perlu membuat aplikasi yang dibutuhkan dan memudahkan pelanggan. Untuk itu, Telkom terus menghadirkan solusi kemudahan melalui aplikasi maupun platform digital kepada masyarakat. Pada momen program tahunan TelkomGroup Siaga RAFI 2021 ini, mari bersama-sama bergerak untuk memberikan pelayanan terbaik pelanggan. Dengan digitalisasi, kita harapkan dapat memberikan yang lebih baik lagi bagi masyarakat,” ujar Edi.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan TelkomGroup Berbagi berupa bantuan bedah panti asuhan dan pesantren, santunan anak yatim dan santunan dhuafa. Adapun total bantuan yang diberikan untuk Telkom Regional di seluruh Indonesia mencapai Rp 1,6 milyar. Selain itu, juga dilaksanakan program LinkAja Charity yaitu Program Sahabat Ramadan sebagai media untuk karyawan yang ingin berbagi kepada sesama.

Dalam sambutannya, Executive Vice President Telkom Regional 6 Riyanto Utomo mengatakan, “Telkom Regional 6 siap mengamankan seluruh layanan semasa bulan Ramadan dan pasca Idul Fitri di Posko TelkomGroup Siaga RAFI 2021. Hal ini sejalan dengan komitmen TelkomGroup dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat agar dapat terus beraktivitas, terlebih di masa pandemi seperti saat ini.”

Diharapkan TelkomGroup Siaga RAFI 2021 dapat menjadi wujud keberadaan BUMN untuk Indonesia khususnya Telkom dapat benar-benar dirasakan manfaatnya tak hanya untuk pelanggan tapi juga dapat membantu masyarakat yang kurang mampu untuk dapat memaknai Bulan Suci Ramadan serta berbagi kebahagiaan dengan masyarakat. Selain itu Telkom juga meyakini bahwa pandemi telah mengubah adopsi digital masyarakat. Semoga dengan adanya digitalisasi yang dihadirkan Telkom dapat mempermudah aktivitas masyarakat dan nantinya menjadikan Indonesia menjadi lebih baik lagi.#DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik. (*)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!