Polri Jadi Tracer Kontak Erat Pasien Covid

JALIN KERJA SAMA: Polres dan Dinas Kesehatan Landak menjalin kerja sama dalam menggelar pelatihan tracing kontak erat pasien Covid-19 di wilayah tersebut, Selassa (27/7).

NGABANG – Kepolisian Resor (Polres) Landak bakal bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Landak untuk menggelar pelatihan tracing atau pencarian terhadap masyarakat yang pernah kontak erat dengan seseorang yang terkonfirmasi Covid-19.

“Permintaan pelatihan ini atas perintah pimpinan (Baharkam Polri) mengingat semakin meningkat nya masyarakat yang terkonfirmasi Virus Covid-19,” kata Aipda Suriansyah Ps Kanit Bintibmas Kasat Binmas Polres Landak, di Kantor Dinas Kesehatan Landak, Selasa (27/7).

Selain karena permintaan dari pimpinan, Suriansyah mengatakan, dengan diadakannya pelatihan tersebut diharapkan dapat membantu tenaga kesehatan melakukan tracing atau pun pelacakan di lapangan untuk menemukan seseorang yang kontak erat dengan pasien Covid-19.

Aipda Suriansyah juga mengatakan, dalam pelatihan tracer ini akan menghadirkan dari pihak kepolisian dan perwakilan dari masyarakat. “Berdasarkan petunjuk pimpinan selain pihak kepolisian dalam pelatihan nanti akan menghadirkan komunitas masyarakat yang di bina oleh Polri antara lain Kelompok Sadar Kamtibmas dan Keluarga Besar Putra Putri Polri,” kata Suriansyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Landak, Subanri menyambut baik kegiatan pelatihan tersebut. Ia mengatakan pihaknya segera berkoordinasi dengan bidang yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan itu.

“Baik Pak, saya sangat mendukung kegiatan pelatihan ini dan untuk waktu pelaksanaan akan di informasikan kembali setelah berkoordinasi dengan kepala bidang saya,” saut Subanri.

Dengan adanya pelatihan Tracer Covid-19, diharapkan menambah tingkat pemahaman masyarakat serta mengurangi resiko penyebaran virus. Ia pun mengaku, dengan adanya bantuan dari Polri ini, pihaknya dapat semakin mengejar para pasien sebelum muncul gejala berat, sehingga tracing lebih efektif lagi.

“Kita bisa langsung isolasi, ini paling efektif mudah-mudahan bisa menanggulangi yang positif,” ucapnya.(mif)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!