PPM Akuntansi Polnep di Temajuk

polnep

FOTO BERSAMA: Tim pelaksana PPM Akuntansi Polnep foto bersama perangkat desa dan peserta di Desa Temajuk. IST

JURUSAN Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) bersama Pemerintah Desa Temajuk menggelar kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM), sebagai wujud pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Kegiatan dipusatkan di gedung serba guna Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Selasa-Rabu, 17-18 September 2019.

PPM mengambil tema ‘pendampingan ekonomi pariwisata di daerah perbatasan (desa Temajuk) melalui manajemen keuangan dan akuntansi’. Kegiatan diikuti 30 pelaku pariwisata di Desa Temajuk, yaitu para pemilik homestay (penginapan), jasa perahu wisata, kerajinan tangan, dan jasa transportasi (ojek wisata).
Tim pelaksana PPM terdiri dari enam dosen aktif Jurusan Akuntansi Polnep. Ketua tim Zulham Al Farizi SE MAcc, sedangkan anggotanya Oscar Rynandy A SE MSi AkCA, Theresia Siwi Kartikawati SE MM AkCA, Linda Suherma SE MSi, Ninik Kurniasih SE MM, dan Desty Wana SST MAcc. Kegiatan juga melibatkan mahasiswa aktif di Akuntansi Polnep.

Zulham menjelaskan, tema PPM sejalan dengan potensi wisata desa Temajuk yang sangat besar, sehingga perlu dieksplorasi lebih jauh guna meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakatnya. Namun perkembangannya masih terkendala permodalan (minim akses keperbankan), akses jalan belum rampung (belum beraspal seluruhnya), listrik yang hidup hanya malam hari, dan jaringan internet sangat terbatas.

Menurutnya, kegiatan kali ini fokus pada kendala minimnya akses permodalan, sesuai basis keilmuan pelaksana PPM. Materi yang diberikan antara lain manajemen kas, penetuan tarif jasa wisata, pengelolaan biaya, dan akses pendanaan perbankan. “Harapan kami materi disampaikan dapat meningkatkan SDM di sini, sehingga usaha mereka bankable dari sisi analisa perbankan,” ujarnya.

Sekretaris Desa Temajuk, Pandri Ota berterimakasih atas kehadiran tim PPM Akuntansi Polnep. “Terima kasih sudah jauh-jauh datang menambah ilmu kami. Serta turut perhatian pada peningkatan SDM di sini. Semoga ke depan, kampus terus menopang kemajuan desa melalui program kemahasiswaan (KKN/PKL) atau dosen (PPM). Kami selalu terbuka menerima dan siap membantu,” katanya.

Para peserta pun menyambut baik PPM. Mereka berharap kegiatan tersebut bisa berkelanjutan. Peserta ingin ke depannya, mendapatkan materi terkait promosi melalui e-commerce. Saat ini, kunjugan ke Temajuk masih musiman, seperti di libur panjang dan lebaran, sedangkan hari biasa masih minim.
Mereka juga mengundang warga Kalimantan Barat berwisata ke Temajuk. Objek wisata di sana sangat lengkap dan indah, mulai dari pantai, terumbu karang, air terjun, gua, perbukitan, dan hutan alam. Semuanya sangat alami tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia. (ser)

Read Previous

Dua Perusahaan Sawit Disegel

Read Next

Gelar World Rabies Day di Perbatasan Negeri

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular