Penerapan Model Signage pada Papan Nama Warung Masyarakat
PPM JTA Polnep Desain Signage di Jalur Promenade Waterfront Kota Pontianak

Desain signage(atas kiri), tim PPM dan masyarakat (bawah kiri), dan serah terima ketua PPM (kanan)

TIM Dosen Jurusan teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak bekerja sama dengan IAI (Ikatan Arsitek Indoneia) Provinsi Kalimantan Barat melakukan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) dalam bentuk Pembuatan Model Desain Signage (penanda) di Jalur Promenade Waterfront Kota Pontianak, tepatnya di Gang Bayu 2 Kelurahan Benua Melayu Laut.

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pembentukan citra lingkungan kawasan yang baik untuk masyarakat Pontianak, khususnya untuk di Jalur Promenade tersebut.

Kegiatan PPM melibatkan Tim Dosen dan Mahasiswa di Jurusan Teknik Arsitektur Polnep. Tim yang diketuai oleh M. Subhansyah Ikram tersebut beranggotakan 8 dosen yaitu Estar Putra Akbar, Caesar Destria, Achmad Eko Yanuar, Taufik Wibowo, Muhammad Hidayat, Aryasa Bijak Utama, Arsanti Budiarti, dan Izazaya Binta, serta 4 mahasiswa, yaitu Syarif M. Nizar, Syahrul Fahriyanto, Putri Mulia dan Putri Diana.

Dari banyaknya jenis dan fungsi signage yang berada di Jalur Promenade tersebut, pada kesempatan PPM ini, baru berfokus untuk pembuatan model papan nama warung milik mayarakat agar menjadi penanda identitas dan sarana promosi usaha masyarakat yang lebih baik. Tidak hanya itu, model signage yang dihasilkan diharapkan mampu menjadi pemicu penerapan model signage yang lebih tertata dan mampu menampilkan identitas Kota Pontianak.

Kegiatan PPM ini telah berlangsung dari pertengahan tahun 2021 dan puncaknya pada hari Sabtu, 16 Oktober 2021 telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan serah terima Model Desain Papan Nama Warung Masyarakat yang berlokasi di Gang Bayu 2, Kelurahan Benua Melayu Laut, Kota Pontianak. Serah terima tersebut diserahkan secara simbolis oleh ketua Tim PPM Jurusan Teknik Arsitektur Polnep, M. Subhansyah Ikram, S.T., M.Sc. kepada Fatmawati, perwakilan masyarakat pemiliki warung di sana. Penyerahan tersebut juga disaksikan langsung oleh Ketua IAI Kalbar, Ar. Estar Putra Akbar.

Dalam pembuatan model desain signage tersebut, Tim PPM melakukan perumusan konsep warna, bentuk dan ukuran yang dapat memberikan ciri khas dan identitas di Jalur Promenade Waterfront Kota Pontianak. Terpilihlah bentuk kapal lancang kuning sebagai simbolisasi kehidupan masyarakat pinggir sungai, dengan perpaduan warna hijau dan cokelat sebagai corak warna yang diidentikkan dengan masyarakat melayu Pontianak. Model tersebut menjadi frame (bingkai) pada penanda nama warung yang digunakan masyarakat.

Selanjutnya untuk mensosialisasikan model desain signage tersebut, Tim PPM Polnep akan memberikan laporan pembuatan model signage tersebut kepada instansi terkait agar menjadi perhatian dan semangat bersama untuk menciptakan lingkungan binaan yang baik untuk masyarakat Kota Pontianak.  (ser)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!